Torehan Prestasi Kab. PPU di Usia 15 Tahun

by -126 Views

BERITAPENAJAM.NET-Diusia Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang telah mencapi 15 tahun beberapa penghargaan telah diproleh, Khususnya Pada tahun 2016,  salah satunya yang sangat membanggakan adalah diraihnya kembali Piala Adipura Buana tahun 2016 kategori kota kecil.

Selain Piala Adipura, pada bulan Januari tahun 2017 pemerintah PPU juga telah berhasil meraih Penghargaan tingkat Nasional yaitu Piala Wahana Tata Nugraha kategori lalu lintas. Selanjutnya, kado istimewa dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-15 Bumi Benuo Taka ditandai dengan diraihnya penghargaan Role model penyelenggara Pelayanan Publik kategori “A” Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara berdasarkan hasil evaluasi terhadap 59 Kabupaten/Kota se-Indonesia dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

 “Satu-satunya Kabupaten di Kalimantan Timur yang menerima penghargaan tersebut dibidang layanan publik Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta menyisihkan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Oleh sebab itu, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada kepala Disdukcapil  PPU beserta jajarannya yang telah memberikan dan memperlihatkan kinerja yang membanggakan,” tutur Bupati PPU, Yusran Asapar pada saat memimpin upacara HUT PPU beberapa waktu lalu.

Bangkitnya Kawasan Industri Buluminung yang ditandai dengan dilaksanakannya groundbreaking untuk pembangunan pabrik kertas (pulp and paper) oleh salah satu anak perusahaan Djarum Grup, PT. Agra Bareksa Indonesia dengan investasi awal sebesar Rp. 1 (satu) Triliun untuk pembangunan pabrik chip mill.

Dan Peresmian unit Hemodialisis RSUD PPU, dimana alat ini berfungsi sebagai alat cuci darah sehingga masyarakat PPU tidak perlu lagi ke rumah sakit lain untuk melakukan cuci darah. Tidak hanya itu kado hut PPU juga diberikan pemerintahan Yusran dengan  Penggunaan perdana Masjid Agung jumat lalau yang merupakan kebanggaan masyarakat Penajam Paser Utara, dimana masjid ini juga akan menjadi pusat kegiatan MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2017 ini.

Kado istimewa lainnya, juga ditandai dengan diraihnya Penghargaan Goverment Award Inovasi Pelayanan Publik dalam bidang UMKM dari majalah Yokatta News Jakarta, Penghargaan Goverment Award Inovasi Pelayanan Publik dalam bidang Ketahanan Pangan dan suatu kehormatan yang mulia juga bagi saya karena dinominasikan untuk Penghargaan khusus yaitu “Cakra Abdhi Negara” kepada sosok kepala daerah yang inovatif yaitu kepala daerah yang memberikan berbagai inovasi untuk pembangunan daerahnya dari Sindo Weekly Jakarta, dimana ke-tiga penghargaan tersebut akan diterima Yusran Asapar, selaku Bupati Penajam Paser Utara pada bulan April nanti.

Selain itu, salah satu Inovasi Pelayanan Publik daerah kita juga telah dievaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terhadap pelayanan yang dilakukan UPT. PU, karena keunikannya dan satu-satunya dari 106 peserta  sinovik se-Indonesia yang bergerak dibidang infrastruktur desa. Bahkan, sekarang terus berinovasi dan berkolaborasi dengan pengelolaan ADD dalam pembangunan infrastruktur desa, termasuk dengan pihak perusahaan swasta yang ada di PPU, khususnya  perusahaan sawit yang saat ini sedang menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang 12,3 km, dimana pekerjaan dilaksanakan oleh UPT. PU Kecamatan, sedangkan material berasal dari sumbangan pihak perusahaan melalui dana CSR-nya.

Perlu diketahui awal tahun 2017 Pemerintah PPU meraih Panji Keberhasilan Terbaik I Bidang Pengembangan IPTEK dan Inovasi pada HUT ke-60 Provinsi Kaltim tahun 2017. Terbaik I Peternak Pola Sapi Intensif (Kelompok Tani Lestari), Terbaik II Camat berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Timur yaitu Camat Sepaku, Terbaik II Bidang Tanaman Pangan, Terbaik II Bidang Pembangunan Pertenakan, Terbaik II Bidang Pembangunan Ketahanan Pangan, Terbaik II Bidang Bunda Paud, Terbaik II Pembinaan dan Penyelengaraan Pemerintah Desa, Terbaik II Peternak Kambing (Kelompok Tani Karya Mukti), Terbaik II Petugas Teknis Inseminasi Buatan (Hari Santoso), Anugerah Pesona Kaltim 2016 Kategori Apresiasi Pariwisata “Alokasi Anggaran” dan penghargaan lainnya dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

“Semua penghargaan yang kita raih tersebut bukanlah tujuan akhir, namun setidaknya dapat menjadi indikator penilaian atas keberhasilan pembangunan yang kita laksanakan bersama-sama antara eksekutif, legislatif, dunia usaha dan seluruh lapisan masyarakat. Dibalik beberapa keberhasilan tersebut, kita juga tidak dapat menutup mata terhadap beberapa persoalan yang belum maksimal kita sentuh dan hal tersebut menjadi catatan penting bagi kita untuk perbaikan dimasa yang akan datang,” tutur Yusran.(hms/ris)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.