Topang Perekonomian, Warga di Desa Sebakung Jaya Budidaya Ikan Air Tawar 

BERITAPENAJAM – Desa Sebakung Jaya, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ditetapkan sebagai desa penghasil ikan air tawar. Budidaya ikan air tawar ini dikembangkan untuk menopang perekonomian warga desa setempat.

Hampir setiap rumah di Desa Sebakung Jaya memiliki kolam ikan air tawar. Masyarakat desa banyak membudidayakan ikan patin, ikan nila, ikan gurame dan ikan lele.

Masyarakat desa membudidayakan ikan air tawar di samping rumah masing-masing.


Suasana di Budidaya Ikan Tawar di Desa Sebakung Jaya, Kecamatan Babulu (Beritapenajam/Dian).

Kepala Desa (Kades) Sebakung Jaya Sajidin, mengatakan ada sekitar 600 kepala keluarga (KK) di desa Sebakung Jaya, rata-rata mereka memiliki kolam budidaya ikan air tawar.

 

“Hampir semua masyarakat di desa ini mempunyai kolam budidaya ikan air tawar,” kata Sajidin, Jumat (23/9/2022).

Meski demikian, hanya 300 kolam ikan yang aktiv memproduksi ikan jenis tawar di desa ini. Sampai saat ini banyak kolam ikan yang belum dikelola oleh warga desa.

“Dari 600 kepala keluarga, yang aktif saat ini hanya 300 kolam,” kata dia.

Menariknya, Sajidin mengatakan baru-baru ini dari kolam berukuran 20×48 meter persegi, ada warga desa yang memanen ikan hingga 1,5 ton ikan jenis Nila dan 400 kg ikan patin.

Sajidin mengatakan, selain mengembangkan budidaya ikan air tawar secara mandiri, ada dua kelompok tani yang mendapatkan bantuan budidaya ikan dari PT Pertamina Hulu Kalimantan timur (Kaltim).

“Ada dua kelompok tani yang dapat bantuan, yaitu Kelompok tani Patin Jaya, dan Kelompok Tani Biawan,” ujarnya. (yn)

Penulis : Dian MS