Sab. Jul 20th, 2019

BERITA PENAJAM

Berita terkini benuo taka

Tips Sehat Ala Wabup PPU Bagi Mayarakat

3 min read

Mustaqim : Tubuh Bugar Dengan Berjalan Kaki Pagi Hari

BERITAPENAJAM.Net
– Pagi itu ketika saya sedang berada di Mes milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Jakarta Pusat, usai melaksanakan shalat subuh berjamaah, tiba-tiba Wakil Bupati PPU, Mustaqim MZ, mengajak saya untuk berolahraga pagi bersamanya dengan berjalan kaki menyusuri jalan di seputar bangunan kompleks Mes PPU.

Tanpa ragu saya pun ikut dengan ajakan Wakil Bupati PPU ini. Pagi itu, suasana jalan di seputaran kompleks  Mes PPU yang sebagian besar merupakan perumahan perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia itu masih terlihat begitu sepi. Hanya tampak satu dua orang yang melintas sebagian  juga tampak mereka sedang  berolahraga pagi dengan berjalan kaki.

Sepanjang perjalanan yang kami lalui selama lebih 60 menit sepanjang lebih dari lima kilometer tersebut, suami Yuli Magfirah itu banyak bercerita kepada saya. Diantara yang menjadi bahan utama obrolan kami adalah tentang kebiasaan dirinya melakukan olah raga salah sathunya berupa jalan kaki setiap pagi hari usai melaksanakan shalat subuh. Pantas saja, jika diusianya yang kini tidak muda lagi, dirinya masih tampak bugar dan gesit.

“Olahraga berjalan kaki dipagi hari itu sudah menjadi kebiasaan saya sejak masih muda dulu. Bahkan bukan hanya saya lakukan di lingkungan tempat tinggal di PPU, ketika sedang berada di Jakarta pun saat menjalankan tugas semacam ini selalu saya sempatkan untuk berolahraga ketika usai melaksanakan shalat subuh,” beber Mustaqim.

Dirinya mengatakan, dengan berolahraga apapun, akan menjadikan tubuh menjadi bugar. Salah satunya seperti jalan kaki di pagi hari tersebut. Berbagai manfaat positif bagi tubuh dapat dirasakan dirinya.

“Ini adalah tips bagi seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten PPU. Tidak butuh biaya, kita dapat melaksanakan walaupun sebentar usai melaksanakan shalat subuh. Yang terpenting ada kemauan, pastilah kesehatan itu dapat kita wujudkan,” ajak Mustaqim.

Lebih jauh bebernya, berjalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain tak membutuhkan keahlian khusus, berjalan kaki juga tak perlu memakai peralatan atau pakaian olahraga tertentu yang harganya mahal. Cukup hanya dengan bermodalkan sepatu olahraga ringan, plus celana training panjang dan bahkan tanpa harus mengenakan alas kakipun oke plus gratis tentunya.

Meskipun olahraga berjalan kaki murah meriah, namun jangan ditanya lagi manfaatnya bagi kesehatan. Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan secara umum diantaranya bagus bagi jantung, penglihatan, tulang, otot, bahkan baik untuk menyegarkan fikiran.

Rajin berjalan juga telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena aktifitas ini dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), serta menjaga tekanan darah normal. Jadi Apa pun aktifitas yang meningkatkan denyut jantung dan memompa darah juga melatih jantung dan sistem peredaran darah. Menurut Asosiasi Stroke, berjalan cepat selama 30 menit bisa membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi penyebab stroke – bisa mengurangi risiko stroke hingga 27 persen.

Seperti diketahui, untuk menurunkan berat badan, maka seseorang  harus membakar sekitar 600 kalori per hari dan lebih dari yang dimakan. Berjalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk melakukan itu. Seseorang dengan berat badan 60kg bisa membakar sekitar 75 kalori hanya dengan berjalan kaki sedang(2mph) selama 30 menit. Meningkatkan lebih cepat lagi(4mph) akan membakar sekitar 99 kalori. Mempercepatnya lagi  (4mph) akan membakar kalori sebanyak 150 kalori.

“Berjalan juga akan meningkatkan massa otot sehingga semakin banyak otot yang Anda miliki, dan semakin cepat pula metabolisme tubuh Anda – Sehingga banyak kalori yang terbakar, bahkan saat Anda sudah beristirahat.  Semoga tips sehat ini dapat kita jalankan bersama seluruh masyarakat PPU, sehingga harapan kita untuk memiliki tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat dapat terwujud,” pungkasnya. (Humas6/nit)

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.