Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Maag, Menjaga Kesehatan Tanpa Merusak Perut

by -66 Views
Beberapa tips yang berguna bagi penderita maag selama bulan suci Ramadhan, didukung oleh saran dari ahli kesehatan dan penelitian ilmiah.

BERITAPENAJAM.NET, – Maag adalah kondisi di mana lapisan lambung mengalami peradangan, yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri, dan gejala lainnya. Namun, dengan perencanaan dan penyesuaian yang tepat, penderita maag bisa menjalani puasa Ramadhan dengan nyaman tanpa merusak kesehatan perut mereka. Beberapa tips yang berguna bagi penderita maag selama bulan suci Ramadhan, didukung oleh saran dari ahli kesehatan dan penelitian ilmiah. Berikut tips puasa Ramadhan bagi penderita maag yang dilansir dari Khaleej Times pada Rabu (20/03) :

1). Perencanaan Menu Sahur dan Berbuka

Perencanaan makanan yang tepat dapat membantu mencegah gejala maag saat berpuasa. Pilihlah makanan yang rendah asam, rendah lemak, dan mudah dicerna. Hindari makanan pedas, berlemak, berminyak, serta kopi dan minuman berkafein lainnya.

2). Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Meskipun mungkin sulit untuk makan dalam jumlah besar selama sahur dan berbuka, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Pilihlah makanan yang kaya serat, protein, dan vitamin untuk menjaga energi dan kesehatan Anda selama puasa.

3). Hindari Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Gejala

Beberapa makanan dan minuman dapat memicu gejala maag seperti nyeri lambung, kembung, dan refluks asam. Hindari makanan pedas, asam, berlemak, serta minuman berkafein dan berkarbonasi.

4). Konsumsi Makanan dalam Porsi Kecil dan Sering

Daripada makan dalam satu waktu yang besar, lebih baik bagi penderita maag untuk makan dalam porsi kecil dan sering. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya kelebihan asam lambung dan mengurangi gejala maag.

5). Tetap Terhidrasi dengan Baik

Pastikan untuk minum cukup air selama periode berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman berkafein dan berkarbonasi, yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejala maag.

6). Hindari Tidur Langsung Setelah Makan

Usahakan untuk tidak tidur langsung setelah makan, terutama setelah berbuka atau sahur. Berbaring dengan perut penuh dapat menyebabkan naiknya asam lambung dan memperburuk gejala maag.

7). Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda memiliki riwayat maag atau gejala yang sering terjadi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa. Dokter dapat memberikan saran dan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan berkonsultasi dengan dokter, penderita maag dapat menjalani puasa Ramadhan dengan nyaman dan tanpa merusak kesehatan perut mereka.

Sumber : Jawapost

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.