Tips Merawat Gigi Susu Anak Anda

by -204 Views
BERITAPENAJAM.Net-Bagi anak memiliki gigi susu mungkin tidak begitu penting karena nantinya akan tergantikan jika tercabut nanti. Namun sebagai orang tua anda patut menjaga kesehatan gigi susu anak anda dengan memberikan treatment yang baik kepadanya. Oleh karena itu ada baiknya untuk para ibu menjaga dan mengetahui tips merawat gigi susu anakanda. Namun sebelumnya anda haruslah mengetahui struktur gigi susu anak anda. Jumlah gigi susu ada 20, yaitu 10 di rahang atas dan 10 di rahang bawah (masing-masing 4 gigi seri, 2 gigi taring dan 4 geraham). Jumlah itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan 32 gigi dewasa permanen.

9 Tips Merawat Gigi Susu Anak

Berikut 9 Tips Merawat Gigi Susu Anak.
 1  Rawatlah seperti gigi permanen
Janganlah membedakan perawatan gigi permanen dengan gigi susu. Sebab gigi susu tetap digunakan oleh anak anda untuk mengolah makanannya. Jika gigi susu kurang sehat maka akan mengganggu aktivitas.
 2  Menyikat gigi di awal pertumbuhan
Sikatlah gigi anak anda seketika saat gigi susunya tumbuh
Hal tersebut memberikan treatment awal yang baik bagi gigi anak anda.
 3  Gunakan sikat gigi yang nyaman
Jika anda menggunakan sikat gigi untuk gigi susu anda sebaiknya menggunakan sikat yang lembut namun tetap memiliki gagang yang kuat. Agar jika anda menyikat gigi maka akan baik di gerakkan kemana saja.
 4  Gantilah sikat gigi setiap tiga bulan sekali
Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi anda setiap tiga bulan sekali. Pemakaian sikat gigi yang terlalu lama akan berpotensi mengumpulkan banyak bakteri pada mulut dan merusak gigi anak anda.
 5  Gunakan pasta gigi khusus anak-anak
Jangan gunakan sembarang pasta gigi pada anak. Berikanlah pasta gigi yang khusus anak-anak agar kandungan yang ada di dalamnya akan cocok bagi gigi susu anak anda. Sebab jika anda menggunakan odol biasa akan beresiko.
 6  Gunakan pasta gigi secukupnya
Saat ingin menyikat gigi anak yang paling penting bagi anda adalah memperhatikan jumlah odol yang digunakan. Jangan terlalu banyak menggunakan odol cukup sebiji jagung saja.
 7  Berikan contoh yang baik
Anda haruslah memberikan contoh yang baik kepada anak anda. Misalnya gosok gigi sebelum tidur dan juga setiap setelah makan. Maka akan memberikan kebiasaan baik bagi anak anda dalam merawat giginya.
 8  Rutin mengunjungi dokter
Anda sebaiknya rutin mengunjungi dokter setidaknya 6 bulan sekali agar masalah uang timbul untuk gigi susu yang telah tumbuh. Sebab terkadang gigi susu juga memiliki masalah.
 9  Hentikan kebiasaan menghisap jempol
Jika anak anda punya kebiasaan menghisap jempol maka anda sebaiknya memberikan treatment untuk menghentikan kebiasaannya tersebut agar gigi susu nya tidak terganggu.
sumber. Tips Kesehatan gigi dan mulut

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.