Tips Hidup Sehat ala Mustaqim MZ

by -153 Views

PENAJAM, Diusianya yang tidak muda lagi, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Mustaqim MZ, masih terliahat sehat dan bugar. Dalam aktifitas sehari-hari di Kantor pun, suami Hj.  Yulia Makhfirah ini tidak kalah gesit dengan mereka yang usianya jauh lebih muda. Pria kelahiran Boyolali 66 tahun silam ini ingin berbagi tips  sehat kepada seluruh masyarakat PPU termasuk bagi PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten PPU.

Diceritakan Mustaqim saat ditemui diruang kerjanya  belum lama ini, bahwa hidup sehat adalah dambaan semua orang. Namun pada kenyataannya masih banyak orang tidak dapat menikmati kesehatan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat agar selalu menjaga kesehatan sejak dini,  mulai dari diri sendiri, keluarga hingga masyarakat luas, sebelum penyakit itu terlanjur  bersarang dalam tubuh seseorang.

“Jika penyakit itu terlanjur bersarang dalam tubuh  kita, maka penanganannyapun akan lebih sulit daripada kita mencegahnya. Oleh karena itu, sebelum  itu terjadi, kesehatan wajib kita jaga dengan baik sejak dini, “bebernya.

Ia menuturkan, manusia hidup  memiliki banyak kebutuhan yang haus dipenuhi baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan tambahan lainnya. Kebutuhan  tersebut dipenuhi  tentunya harus timbul dari dalam diri sendiri tanpa ada paksaan dari siapapun disekelilingnya.

Menurutnya, manusia membutuhkan makan, minum, pakaian dan sebagainya yang merupakan contoh kebutuhan pokok harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Namun perlu diingat lanjut dia, kebutuhan lainnya yang dibutuhkan manusia sesungguhnya  sangat banyak,  seperti beribadah, olahraga untuk kesehatan, hiburan dan sebagainya,  yang sesungguhnya  juga harus dipenuhi tanpa ada paksaan dari diri dan orang lain.

Dirinya mengatakan, hidup sehat sebenarnya tidak mahal, jika seseorang mau melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Olahraga teratur, jaga pola makan, istirahat yang cukup sesuai kebutuhan diri  yang dikerjakan tanpa ada paksaan orang lain itu sudah lebih dari cukup. Namun nyatanya, cara-cara mudah tersebut masih sulit dilaksanakan oleh sebagian orang.

“Olahraga teratur, jaga pola makan, istirahat yang cukup sesuai kebutuhan diri  yang dikerjakan tanpa ada paksaan orang lain itu sudah lebih dari cukup untuk kesehatan kita, “jelasnya.

Dikatakan dia,  setelah melaksanakan  sholat shubuh, mungkin  sebagian besar orang masih tidur atau aktifitas lainnya. Namun tidak bagi dirinya. Waktu itu adalah saat yang sangat tepat di gunakan untuk berolahraga, yaitu dengan joging atau lari pagi setiap hari menyusuri jalan diseputar kediamannya. Hal inipun telah dilakukan Mustaqim sejak usianya masih muda secara rutin.

Dalam melakukan lari pagi tersebut, tak jarang Mustaqim juga mengajak orang-orang disekelilingnya, seperti personil Pol-PP yang sedang bertugas dikediamannya atau rekan-rekannya yang mau diajak ikut olahraga bersamanya.

“Olahraga ini murah dan tidak membutuhkan biaya tetapi hanya kemauan kita. Namun dengan olahraga ini, manfaatnya bagi tubuh sangat kita rasakan. Tubuh kita terasa sehat bugar dan terbukti ini telah kami rasakan. Inilah resep hidup sehat yang ingin saya bagi untuk seluruh masyarakat PPU agar selalu sehat dan bugar sehari-hari, “ujarnya.

Lebih jauh kata Mustaqim,  satu contoh, profesi sebagai PNS selalu dihadapkan dengan aktifitas didalam ruangan kantor yang cenderung tidak membutuhkan energi tinggi. Oleh karena itu jika tidak  dibarengi dengan olahraga dan pola makan teratur dikawatirkan akan berdampak bagi kesehatan seseorang yang bersangkutan.

“Marilah kita luangkan waktu untuk kesehatan tubuh kita sendiri, keluarga dan masyarakat. Sisikan waktu kita untuk berolahraga sehari-hari selain menjaga pola makan, istirahat cukup, beribadah dan lain-lain yang dikerjakan dari hati kita masing-masing tanpa ada paksaan dari siapapun, sehingga hasilpun dapat kita rasakan, “pungkasnya. (Humas6)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.