Tim Penyelamat DPKP PPU, Evakuasi Ular Phyton Dengan Tongkat Gorden Rakitan


Petugas Tim Penyelamat DPKP PPU, Mengevakuasi ular pyton dengan peralatan seadanya.

BERITAPENAJAM.Net,- Tercatat selama awal tahun 2021 ini terdapat 49 penyelamatan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) penyelamatan yang tersebut ialah mengevakuasi binatang buas yang berkeliaran di areal pemukiman warga.

Tercatat penyelamatan hewan buas yang dilakukan oleh DPKP diantaranya 27 mengevakuasi sarang tawon, 19 ekor  ular berhasil di evakuasi kemudian 1 ekor buaya.

Sejauh ini menurut pantauan Beritapenajam dalam proses evakuasi binatang buas hanya menggunakan peralatan seadanya saja dan tidak memenuhi standar keamanan penyelamatan.

Tim Penyelamatan Binatang Buas (DPKP) yang sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) selama ini hanya menggunakan perlatan seadanya yakni menggunakan tongkat goden

” Banyak inovasi yang dilakukan oleh tim kami, termaksud alat tangkap ular itu dari tongkat biasa aja itu dari gorden yang penting ada untuk penjepitnya,” ucap Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Pahlawan Syahrani Selasa, (09/03/2021).

Lebih lanjut, pihaknya sudah mengajukan pengadaan peralatan untuk penyelamatan sebagai proses  penyelamatan kerja ketika melakukan evakuasi.

” Insha Allah tahun ini kalau tidak ada halangan, pelan-pelan kami melengkapi peralatan pertama dari alat tangkap ular, baju anti tawon, dan lain lain,” bebernya

Ucap babe, sejauh ini timnya ketika melakukan evakuasi penyelamatan binatang buas hanya menggunakan alat seadanya dikarenakan dari dahulu hanya menggunakan alat yang sangat sederhana.

Ketika ditanyai terkait peralatan yang sudah sesuai dengan standar penyelamatan Ia mengatakan saat ini tidak ada bahkan sebelum dirinya menjabat pada lingkup dinas tersebut memang menggunakan alat seadanya.

” Ya gak ada, kita hanya menggunakan alat seperti itu aja ketika melakukan penangkapan belum safety,” imbuhnya

Perlu diketahui oleh terdapat 7 posko yang ada di  Kabupaten Penajam Paser Utara, masing-masing berada di Penajam, Petung, Sotek, Maridan, Sepaku, Waru, Babulu.

“Jadi jika ada warga yang membutuhkan penyelamatan atas gangguan binatang buas bisa segera menghubungi posko-posko terdekat,” pungkas Babe. (sr5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Resmi Chandra Eka Yustisia Jabat Kejari PPU

Rab Mar 10 , 2021
BERITAPENAJAM.Net,- Tercatat selama awal tahun 2021 ini terdapat 49 penyelamatan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) penyelamatan yang tersebut ialah mengevakuasi binatang buas yang berkeliaran di areal pemukiman warga. Tercatat penyelamatan hewan buas yang dilakukan oleh DPKP diantaranya 27 mengevakuasi sarang tawon, 19 ekor  ular berhasil di evakuasi kemudian […]
%d blogger menyukai ini: