Setelah Minum Obat Baiknya Hindari Dahulu Makanan Ini

by -273 Views

BERITAPENAJAM.Net– Saat sedang sakit dan harus minum obat, perlu diketahui bahwa beberapa jenis obat tak seharusnya dikonsumsi bersama dengan jenis makanan atau minuman tertentu. Mengapa? Sebab kandungan

Berikut ini beberapa jenis makanan serta minuman yang sebaiknya dihindari apabila Anda baru minum obat atau antibiotik tertentu seperti dilansir laman Times of India:

Susu dan produk turunannya

Susu atau yogurt dan produk turunan susu lainnya sebaiknya dihindari usai minum obat karena bisa menetralkan khasiat dari obat tersebut. Hasilnya Anda tidak bisa menerima manfaat dari obat yang baru dikonsumsi untuk meredakan sakit.

Zat besi dan kalsium

Jika Anda usai mengonsumsi antibiotik, maka hindari makanan atau minuman suplemen yang mengandung zat besi dan kalsium. Keduanya bisa mengganggu penyerapan antibiotik ke dalam tubuh. Beri jarak 3 jam setelah minum obat jika Anda ingin mengonsumsi zat besi dan kalsium.

Asam

Makanan dengan kandungan asam atau zat asam semisal lemon, jeruk, cokelat, tomat dan lainnya baiknya dihindari dulu sebelum dan sesudah minum antibiotik. Asam akan mengurangi daya serap antibiotik dalam tubuh.

Makanan berserat

Makanan kaya serat juga bukan hal dianjurkan bila sedang minum antibiotik karena menghambat laju serapan obat ke dalam tubuh. Sebaiknya dihindari dahulu.

Alkohol

Minuman keras pun bukan hal yang dianjurkan bagi Anda yang mengonsumsi berbagai macam obat, karena dapat bereaksi dengan senyawa kimia dalam obat. Reaksinya bisa bermacam-macam, salah satunya dapat menghambat penyerapan obat.

Sumber: uctalks.ucweb.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.