Sepaku Jadi Nusantara Kecamatan Penajam Dipecah Jadi dua

by -1132 Views
Tim Pemekaran Kecamatan Penajam Nusantara.
Tim Pemekaran Kecamatan Penajam Nusantara.

BERITAPENAJAM – Tim Pemekaran Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kini sedang melakukan tahapan pemekaran Kecamatan Penajam menjadi dua Kecamatan.

Pasalnya, Kecamatan Sepaku kini telah ditetapkan sebagai kawasan Ibu Kota Negara (IKN) atau dengan nama Nusantara.

Ketua Ahmad Rifai Ketua Umum Tim Pemekaran Kecamatan Nusantara mengatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi bersama  Plt. Bupati PPU Hamdam serta Ketua DPRD PPU, Jhon kenedi untuk menindaklanjuti pemekaran Kecamatan Penajam.

Disebutkan Rifai, adapun wilayah pemekaran Kecamatan Penajam menjadi dua kecamatan mulai dari Sotek, Depan,Riko, Buluminung, Bukit Subur, Gersik, Jenebora, Pantai Lango akan dipecah menjadi Kecamatan baru yang diusulkan menjadi Kecamatan Nusantara.

“Dua masuk wilayah Sepaku, Maridan dan Telemoi sisanya ada 8 masuk wilayah Kecamatan Penajam yaitu Gresik, Pantai lango, Jenebora, Sotek, Sepan, Riko, Buluminung, Bukit Subur yang menjadi kecamatan Penajam Nusantara,” ujar Rifai, Selasa (1/3/2022).

Lanjutnya, dua wilayah yang masuk dalam Kecamatan Sepaku yakni Maridan dan Telemoi masih belum jelas apakah sudah masuk dalam otorita atau belum. Jika dua wilayah tersebut masuk kawasan otorita, dua wilayah itu akan bergabung dengan IKN.

Sementara saat ini pihaknya telah melakukan sosialiasi di tujuh kelurahan yang masuk daftar pemekaran kecamatan.

“Tersisa tiga lagi wilayah lagi, yaitu Gersik, Jenebora, Pantai Langi yang belum. Karena kami masih mennggu jadwal dari mereka,” tutupnya. (yan/bp1).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.