Sekretaris Disdikpora PPU: UNBK Jadikan Siswa Lebih Jujur

by -210 Views

BERITAPENAJAM.Net-Sekertaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Hidayat, menyatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan menjadikan siswa lebih jujur, sebab soal yang mereka hadapi tidak sama antara yang satu dengan lainnya.

“UNBK ini, soal yang akan dihadapi tiap siswa semuanya berbeda, jadi setiap siswa jelas memegang soal yang beda satu sama lainnya,” ujarnya, Selasa (07/03/2017).

Selain itu, lanjut Hidayat, dengan UNBK tersebut membuat integritas siswa tak perlu lagi dipertanyakan. Sebab, peserta ujian harus mengerjakan sendiri, sehingga dapat dipastikan mereka lebih jujur.”Dengan UNBK ini, mereka pastinya bisa lebih sportif, karena kalau manual itu kan mereka bisa dapat kunci jawaban dari segala macam,” terangnya.

Menurutnya, secara  nasional siswa sudah memiliki perasaan malu jika tidak memilih ujian menggunakan UNBK.”Kalau bisa memang semuanya menggunakan UNBK. Tapi, jika tidak harapannya bukan karena alasan tidak mau atau tidak ada niat, melainkan karena ada kendala teknis, sehingga tidak ada pilihan lain selain menggunakan UNBK ini,” ungkapnya.

Dengan menggunakan UNBK, Hidayat berharap akan ada dua kecakapan yang didapat oleh para siswa. Mereka tidak hanya mendapatkan mengenai materi bahan ujian, tapi juga kemampuan menggunakan alat teknologi informasi.”Kami berharap kepada para siswa agar lebih memahami komputer dan Ilmu Teknologi, karena dengan teknologi akan banyak didapatkan kemudahan-kemudahan,” tutupnya.(toy/nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.