Sejumlah Calon Jamaah Haji PPU Ikuti Manasik dikantor Kemenag PPU

by -147 Views

 

BERITAPENAJAM.Net-  Asisten III Admintrasi Umum Drs. Alimudin M.AP dengan didampingi Kabag Kesra H. Herlambang  beserta jajaran serta kepala Kemenag PPU H. Maslekhan yang buka kegiatan manasik haji kepada para calon jamaah haji PPU yang berlangsung di kantor kemenag kabupaten PPU yang bertempat  di jalan Nipah-Nipah seputar Islamic center, kecamatan Penajam, kemarin (29/3).

Harus Perhatikan Kedisiplinan dan Jaga Kesehatan dalam Menunaikan Ibadah Haji

Pada kegiatan pembukaan manasik haji yang akan dilangsungkan selama tiga hari sejak tanggal 29 hingga 31 maret tersebut diikuti sebanyak 129 peserta termasuk dengan para pendamping kelompok regu jamaah haji PPU.

“Momentum manasik haji ini merupakan langkah awal dari prosesi pemberangkatan jamaah haji kabupaten PPU dimana pada manasik ini diharapkan kepada para peserta dan calon jamaah yang akan berangkat dapat memperoleh bekal dan arahan pengetahuan dalam mengikuti rangkaian ibadah haji yang akan dilangsungkan di tanah suci nanti,” Ucap Alimuddin.

Terlebih pada wajib dan sahnya haji pada rangkaian ibadah yang akan akan dilakukan oleh para jamaah, untuk itu dalam kegiatan manasik ini harus betul-betul diikuti dan dipahami secara baik agar semua rangkain ibadah dan pelaksanaannya sesuai dengan tuntunan dan syariat islam sehingga upaya untuk menjadi haji yang mabrur dapat tercapai dengan baik seperti yang menjadi harapan para jamaah yang menunaikan ibadah ini .

Alimuddin menambahkan bahwa sebagai calon jamaah haji harus mempersiapkan kondisi kesehatan dan mulai sekarang sudah harus mulai dipersiapkan dan diperhatikan sehingga pada saat waktu keberangkatan nanti para jamaah siap untuk diberangkatkan dengan kondisi yang baik terlebih  dapat menunaikan seluruh rangkaian ibadah dengan baik dan lancar.

Ia juga menghimbau kepada para calon jamaah dari kabupaten PPU, mengingat keberangkatan ini secara berjamaah, secara berkelompok tentu yang terpenting dilakukan dengan menjaga kedisiplinan dan memperhatikan kedisiplinan bersama, sehingga masing-masing secara pribadi harus memperhatikan arahan dari ketua regu rombongan ataupun kelompok regu jamaah sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan ketua panitia pelaksanaan manasik haji tahun 2017, H. Usep Suciadi menyampaikan kegiatan diadakan manasik haji ini untuk memberikan pemahaman  kepada jamaah calon haji tentang bagimana melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan syariat islam.

Terlebih bagi para jamaah haji nantinya dapat memiliki kemandirian dalam melaksanakan berbagai kegiatan baik kegiatan ibadah yang akan dilakukan maupun kegiatan lainnya seperti menjaga akhlaktul karimah, menjaga kesehatan, serta dalam menjalankan rangkain ibadah lainnya

Ia juga menyampaikan kegiatan manasik haji ini merupakan bagian dari pembinaan yang dilaksanakan  oleh pemerintah sebagai mana yang diamanatkan oleh UUD No.13 tahun 2018 tentang penyelengaraan ibadah haji sehingga kegiatan manasik haji ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah kabupaten PPU dan dilakukan bersama instansi terkait pelaksanaan kegiatan ibadah haji di kabupaten PPU. (Humas13/Nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.