Sebanyak 6.521 KIS-PBI Telah Didistribusikan

by -156 Views

BERITAPENAJAM.Net – Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah mendistribuikan sebanyak 6.521 lembar Kartu Indonesia Sehat bagi Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan dari APBN dan APBD.

Koordinator Verifikasi Dan Validasi Data Kartu Indonesia Sehat BPJS Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Agus Purwanto, menjelaskan bahwa ribuan Kartu Indonesia Sehat bagi Penerima Bantuan Iuran atau KIS-PBI sebagai kartu tanda kepesertaan  Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi warga tidak mampu untuk memperoleh pelayanan kesehatan telah disalurkan.

Dari 6.521 lembar KIS-PBI yang telah didistribusikan itu, sebanyak 3.319 lembar kartu kepesertaan Badan Penyelenggra Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan bagi warga tidak mampu, iuran perbulannya dibayarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sedangkan 3.202 lembar kartu kepesertaan  BPJS Kesehatan, iuran perbulannya dibayarkan melalui Anggaran Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Warga tidak  mampu yang memegang KIS-PBI itu, berhak mendapatkan pelayanan kesehatan kelas tiga” jelas Agus Purwanto, Senin (28/8).

KIS merupakan kartu tanda kepesertaan JKN yang diterbitkan BPJS Kesehatan untuk seluruh peserta jaminan kesehatan, baik warga yang membayar iuran kepesertaan sendiri (mandiri) maupun berkontribusi bersama pemberi kerja atau perusahaan, termasuk masyarakat tidak mampu melalui PBI.

Agus Purwanto yang menjabat Kepala Sub Bidang Bantuan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara itu menambahkan, KIS-PBI tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan layanan perawatan dan pengobatan di rumah sakit dan puskesmas diseluruh Indonesia.

“Selain untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas didaerah, KIS-PBI juga bisa digunakan di rumah sakit atau puskesmas dimanapun diseluruh Indonesia” ungkapnya.(Win/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.