Sebanyak 31 Peserta Ikuti Lomba Bank Sampah, Kadis DLH PPU Dorong Partipasi Masyarakat

by -19 Views
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar lomba pengelolaan bank sampah

BERITAPENAJAM, – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara (PPU) baru saja ini menggelar lomba pengelolaan bank sampah, terbaik sebagai upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan nilai ekonomi sampah.

Lomba ini diikuti oleh 31 peserta dari berbagai kelompok, termasuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Sekolah, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU Safwana menjelaskan, bahwa lomba ini merupakan bagian dari program pengembangan bank sampah di wilayah tersebut.

Dikatakannya, terdapat 190 bank sampah yang tersebar di berbagai kelurahan dan desa di Benuo Taka ini.

“Kami dorong 190 bank sampah yang ada di PPU, kami juga ada kategori baru yaitu Best Of The Best peserta yang sudah menang, lombakan dalam kategori tersebut,” ujar Safwana.

Safwana mengungkapkan, ada beberapa kreteria penilaiaan dan kategori dalam lomba tersebut, antara lain kategori sekolah, KSM, dan SKPD.

Lanjutnya, para peserta dinilai berdasarkan berbagai aspek, seperti manajemen pengelolaan, inovasi, dampak sosial, dan keberlanjutan program.

Selain kategori utama, terdapat juga kategori “Best of the Best” yang diikuti oleh 6 peserta terbaik dari masing-masing kategori.

DLH PPU menargetkan peningkatan jumlah bank sampah aktif di masa mendatang.

Safwana beserta jajarannya, terus mengupayakan, untuk mencapai target tersebut, termasuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang ingin membentuk bank sampah.

Ia berharap pemenang lomba pengelolaan bank sampah terbaik menjadi momentum, untuk memperkuat gerakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat di PPU. Dengan semakin banyaknya bank sampah yang aktif dan dikelola dengan baik, dan PPU dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan. (May/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.