Satlantas Polres PPU Akan Terapkan ETLE

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kabupaten Penajam Paser Utara, AKP Edy Haruna

BERITAPENAJAM.Net,- Sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik terhadap masyarakat dalam berlalu lintas Polres Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)  akan menerapkan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik tujuan tersebut tidak lain ialah membangun kesadaran tata tertib masyarakat khususnya masyarakat PPU.

” Jadi ETLE itu penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis elektronik,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) AKB Edy Haruna Rabu, (24/03/2021).

Ucap Edy Haruna, Terhitung mulai hari ini sekitar 12 Polda melakukan launching penerapan ETLE dibeberapa daerah diantaranya di tersebar di pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Sementara di Provinsi Kalimantan Timur nantinya akan diterapkan terlebih dahulu yaitu di Kota Balikpapan.

Lanjutnya, dengan demikian rencana penerapan ETLE di Kabupaten PPU akan terlebih dahulu menentukan titik penerapan elektronik tilang tersebut, pihaknya akan menentukan dua titik di PPU. ” Rencana kami akan memasang di depan Polres PPU sama di pertigaan silkar mudahan bisa secepatnya penerapan ini kalau anggaranya sudah ada,” ungkapnya kepada media ini.

Lebih jauh dirinya menjelaskan terkait mekanisme dari elektronik tilang ini secara otomatis menilang pelanggar lalu lintas melalui aplikasi atau server Polres PPU, kemudian cara kerja  kamera CCTV itu adalah dengan merekam pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara.

Setelah itu, operator akan mengeluarkan surat Bukti Pelanggaran (Tilang) dan diberikan atau diantar langsung ke alamat pelanggar dengan melampirkan rekam digital berupa bukti pelanggaran yang ada di video tersebut.

Tambahnya, adapun proses pelaku pelanggaran lalu lintas dijalan pada saat melanggar itu membutuhkan kurang lebih lima hari untuk waktu konfirmasi kepada pelanggar.

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Tinjau Kesiapan Wilayah Pertahanan IKN, Seskoad Mabes TNI AD Kunjungi PPU

Rab Mar 24 , 2021
BERITAPENAJAM.Net,- Sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik terhadap masyarakat dalam berlalu lintas Polres Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)  akan menerapkan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik tujuan tersebut tidak lain ialah membangun kesadaran tata tertib masyarakat khususnya masyarakat PPU. ” Jadi ETLE itu penegakan hukum di bidang lalu lintas […]
%d blogger menyukai ini: