RSUD PPU Resmikan Aplikasi Pencarian Berkas Rekam Medik

by -153 Views

BERITAPENAJAM.Net – Direktur RSUD PPU, dr. Jensje Grace Makisurat beberapa waktu lalu mengungkapkan Aplikasi Pencarian Berkas Rekam Medik merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Tim SIMRS RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara dimana aplikasi ini bagian dari penerapan Sistem Informasi Manejemen Informasi Rumah Sakit (SIMRS). Aplikasi ini dikembangkan untuk pelaporan Rekam Medik kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam paser Utara, Dinas Kesehatan Propinsi Kaltim dan Kementrian Kesehatan Indonesia agar lebih mudah dan tepat waktu.

Aplikasi Pencarian Rekam medik ini dikembangkan guna mengatasi masalah keterlambatan pelayanan terhadap pasien karna proses dokumen Rekam Medik sampai diunit pelayanan yang selama ini dilakukan secara manual.

“Berangkat dari berbagai masalah yang terjadi diunit Rekam Medik yang berdampak pada pelayanan, Kepala Bidang Perencanaan yang membawahi seksi SIM & RM berinisiatif membuat program bersama tim IT untuk mengembangkan suatu aplikasi yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi sehingga aplikasi ini dapat memperbaiki kualitas pelayanan,” Ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa SIMRS sendiri merupakan suatu sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit mulai dari pendaftaran, pelayanan diagnose dan tindakan untuk pasien, medical record apotek/catatan medis apotek, gudang farmasi, penagiahan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen yang berbasis kompurter sehingga seluruh unit pelayanan di RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara terhubung secara online.

“Aplikasi ini juga sudah diuji coba oleh Bupati Penajam Paser Utara yang disaksikan oleh Direktur dan jajaran pimpinan manajemen pada suatu kesempatan kunjungan ke RSUD kabupaten Penajam paser Utara. Dalam Kesempatan tersebut Bupati PPU berkenan memberikan masukan dan arahan agar SIMRS terus dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi dan perkembangan jaman dan juga sesuai dengan kebutuhan,” tambahnya.

Dengan Dukungan langsung dari Bupati Penajam paser Utara, Program Kepala Bidang Perencanaan tersebut diresmikan oleh Direktur RSUD kabupaten Penajam Paser Utara yang dihadiri oleh beberapa kepala SKPD di kabupaten penajam Paser Utara pada Jumat, 18 Agustus 2017.

“Aplikasi ini diharapkan dapat lebih berkembang dan dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara,” pungkasnya.(KMF/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.