Reses, Bijak di Desa Tengin Baru Komitmen Perjuangkan Aspirasi dan Minta Dukung Pembangunan IKN Nusantara

by -94 Views

BERITAPENAJAM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Pilihan (Dapil) Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Muhammad Bijak Ilhamdani melaksanakan kegiatan serap aspirasi (reses) masa persidangan I tahun sidang 2022-2023 di Desa Sumber Sari, Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Minggu (4/12/2022).

Warga Dusun II Sumber Sari Ambo Saka mengeluhkan kondisi sampah di desa setempat. Terlebih ia mengungkapkan banyak masyarakat yang mengeluhkan kurangnya fasilitas tempat pembuangan akhir (TPA) di desanya.

“Susah buang sampah, takutnya nanti sungai jadi tempat sampah masyarakat. Mudah-mudahan Pak Bijak selaku anggota Dewan bisa memperhatikan kondisi ini, masalahnya ini yang kita pikirkan sekarang. Banyak yang himbau buang sampah pada tempatnya tapi di mana, itu yang masih menjadi persoalan kita,” tutur Ambo.

Ia menambahkan persoalan penerangan lampu jalan juga masih menjadi permasalahan di desa yang ia tempati. Ia berharap pemerintah juga dapat memperhatikan persoalan tersebut.

“Saya tiap malam lewati jalan di RT saya itu gelap, mungkin perlu ada lampu penerangan, entah berapa tiang yang penting, ada lampu, takut ada binatang buas,” ujarnya.

Sementara itu, Ipan Ketua Karang Taruna, Desa Tengin Baru, mengungkapkan bahwa saat ini minat olahraga semakin tumbuh khususnya olahraga Volley dan Sepak Bola. Namun mengalami beberapa kendala seperti lapangan, bola serta fasilitas lainnya.

“Saat ini kami masih banyak kekurangan terutama lapangan, teman-teman pada bingung kadang sampai antre untuk bermain. Mudah-mudahan dengan adanya aspirasi seperti ini bisa sedikit ada bantuan untuk kami,” ujar Ipan.

Masih banyak lagi warga yang mengeluhkan persoalan-persoalan yang dihadapi, dial antara kurangnya fasilitas untuk pengajian bagi ibu-ibu desa setempat, fasilitas ambulance, dan lain sebagainya.

Aspirasi itu ditanggapi oleh Bijak, salah satu di antara persoalan sampah di Desa Tengin Baru. Menurutnya, semua persoalan mempunyai solusi yang bisa dipecahkan.

“Misal ada spot-spot tempat sampah secara mikro yang bisa kita tempatkan untuk sementara. Ini harus berkoordinasi dengan pemerintah desa terlebih dahulu, ini akan menjadi PR kita,” ujar Bijak.

Sementara itu, terkait dengan persoalan penerang jalan umum (PJU) Bijak mengaku bahwa masalah ini menjadi prioritas politikus Partai Demokrat itu.

“Ini jadi prioritas saya dan program saya. Saya sudah menganggarkan Rp 2,5 Miliar untuk PJU,” tuturnya.

Namun, Bijak mengungkapkan bahwa Program PJU tersebut saat ini masih dirasakan manfaatnya di Desa Jenawi dan Desa Sukaraja. Kemudian untuk Desa Wonosari akan mendapatkan manfaat pada tahun 2023 mendatang.

“Mohon maaf belum sampai di Tengin Baru, yang sudah merasakan manfaatnya di Desa Jenawi dan Desa Sukaraja dan tahun depan Wonosari, karena Wonosari itu jadi prioritas, karena banyak alat berat logistik melalu jalan tersebut,” sebutnya.

Bijak menekankan akan memperjuangkan aspirasi masyarakat desa setempat. Apalagi Kecamatan Sepaku telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, ia pun berharap kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan ibu kota tersebut.

“Isu IKN Nusantara banyak memberikan manfaat, sehingga kita mengharapkan kepada masyarakat untuk dukung pembangunan IKN Nusantara di kabupaten kita,” harapnya.

 

Penulis : Dian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.