Program PIN 9 Kelurahan Di PPU Sudah Berjalan 52 Persen

by -87 Views
Puskesmas PPU gelar program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) sejak 23 Juli sampai dengan 29 juli 2024.

BERITAPENAJAM, – UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Penajam Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) sejak 23 Juli sampai dengan 29 juli 2024.

Diketahui, program tersebut berupa imunisasi itu dilaksanakan untuk melindungi anak-anak dari penyakit polio, yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.

Kepala UPT Puskesmas PPU Saryono mengatakan, telah melaksanakan program itu dari tanggal 23 juli kemarin, vaksinasi itu diberikan kepada anak yang berusia 0 sampai 7 tahun.

“Memang sudah kita mulai program itu, dan bersamaan langsung dengan beberapa tingkat provinsi lainnya,”ucapnya, saat diwawancarai di Ruang Kerjanya, Kamis, (25/07/2024).

“Itu diberikan kepada anak yang baru lahir sama anak usia 7 tahun,” sambungnya

Pelaksanaan vaksinasi dampak virus polio itu akan dilakukan dibeberapa tempat yakni ,Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).

“Jadi Posyandu itu untuk anak-anak balita, PAUD dan TK untuk anak-anak yang baru masuk dibidang pendidikan yaitu untuk anak kelas 1 SD,” ujarnya.

Setiap anak akan diberikan dua tetes, selain itu, total sasaran sub PIN polio sebanyak 4.511 anak yang ada di masing-masing wilayah kelurahan di Kabupaten yang kerap disebut Benuo Taka.

Ia memaparkan pencapaian yang tengah dilakukan saat ini dari 4.511 anak yang menjadi sasaran, sekarang sudah mencapai 2.357 anak yang telah divaksindan jika dihitung persentase yakni 52 persen, di sembilan kelurahan yang ada di kecamatan penajam sampai dengan hari ini.

Disamping itu, skema pemberian vaksinasi yang terapkan, Puskesmas Penajam akan berkolaborasi dengan pihak Posyandu yang berada dibeberapa wilayah.

“Yang kita sasar itu sebanyak 4.511 anak, yang sudak kita vaksinasi saat ini berjumlah 2.357 orang, jika dihitung persentase maka sekitar 52 persen yang sudah dicapai, selain itu kita juga menerapkan skema kerja sama dengan kader posyandu, pihak sekolah, dan pihak kelurahan,” tandas Saryono. (Sam/Bp2)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.