PPU Siap Jadi Ibu Kota Republik Indonesia

BERITAPENAJAM.NET-Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur tepat berada ditengah-tengah Indonesia dan terkoneksi langsung sebagai penghubung wilayah provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Untuk di provinsi Kaltim sendiri Kabupaten PPU berada berdampingan dengan  4 wilayah Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Paser dan Kota Balikpapan.

Kabag Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang, bahwa Kabupaten PPU paling siap untuk menjadi Ibukota Republik Indonesia. Secara garis besar kondisi Giografis Kabupaten PPU dari segi kesiapan lahan memiliki segala keunggulan dari aspek bencana alam seperti gempa bumi, tsunami banjir dan erosi.

“Keunggulan lain PPU berada diketinggian 15 meter dari permukaan laut, tidak terdapat di zona wilayah lahan gambut, tidak mudah  terbakar dan memiliki karakteristik lahan yang mudah untuk dikembangkan menjadi bangunan kelas pencakar langit,”  ujar Nicko beberapa waktu lalu.

Selain itu Nicko juga menjelaskan bahwa di PPU terdapat wilayah hutan produksi seluas 180.000 hektar yang dikombinasikan dengan lahan HGU yang akan habis perijinannya sehingga dapat meminimalisir biaya investasi lahan. Selain itu Kabupaten PPU memiliki konsistensi pengembangan wilayah berbasis konsep pesisir dimana sepanjang area pesisir telah dipersiapkan pembangunan jalan dan akses penghubung dengan kualitas yang baik dan layak untuk pengembangan Ibu kota.

“Di PPU juga telah dipersiapkan ketersediaan fasilitas penghubung  seperti pelabuhan laut dalam, itu sangat penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim kita punya pelabuhan Benuo Taka yang berada di kawasan Industri Buluminung yang akan berintegrasi dengan kawasan Industri Kariangau di Kota Balikpapan,” tuturnya.

Nicko menambahkan Akses ke Bandara dapat mudah terkoneksi melalui pembangunan jalan dan jembatan pulau balang terkoneksi dengan jalan tol serta pembangunan jembatan tol teluk balikpapan yang bisa memangkas waktu perjalanan hanya beberapa menit saja. Selain itu ketersediaan sumber air sangat memadai karena dalam waktu dekat akan dibangun bendung lambakan, bendung gerak telake, bendung lawe-lawe dan bendung semoi sehingga kapasitas dari total keseluruhan bisa memenuhi kebutuhan air sebuah Ibukota.

“Terkait konflik sosial, di PPU sangat rendah, warga PPU memiliki sifat terbuka terhadap warga pendatang terbukti dengan transmigrasi yang berhasil di Kabupaten PPU,”paparnya.(id/bp1/kominfo)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Bupati : “Semua Sudah Dewasa, Tidak Perlu Disidak"

Sen Jun 10 , 2019
BERITAPENAJAM.NET-Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur tepat berada ditengah-tengah Indonesia dan terkoneksi langsung sebagai penghubung wilayah provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Untuk di provinsi Kaltim sendiri Kabupaten PPU berada berdampingan dengan  4 wilayah Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Paser dan Kota Balikpapan. Kabag Pembangunan Setkab […]
%d blogger menyukai ini: