PPU Rencanakan Jadi Kawasan Pengembangan Pangan “Food Estate”

Plt kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan/Bapelitbang, Yunita Liliyana Damayanti

 

BERITAPENAJAM.Net,- Untuk mendukung ketahanan pangan sebagai Ibu Kota Baru, Maka Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) merencanakan menjadi bagian dari kawasan program food estate atau lumbung pangan, ada tiga kabupaten yang yang digadang menjadi kawasan food estate di Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut yakni, PPU, Paser dan Kutai Kartanegara.

 

Rencana pembangunan rice milling tersebut, merupakan ikhtiar pemerintah untuk mengembangkan program kawasan lumbung pangan.

 

Tidak hanya dari komoditas pertanian saja nantinya ada pula dari perternakan, tanam-tanaman lainya yang mendukung dalam ketahanan pangan sebagai kabupaten penyanggah Ibo Kota Negara (IKN).

 

“Dimana nantinya disitu, produksi itu dikemas dengan hasil yang baik kemudian dipasarkan, tidak hanya terbatas sampe pertanian saja, ada peternakan ayam petelur dan sebagainya,” terang Yunita Liliyana Damayanti Plt kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan atau Bapelitbang PPU.

 

Lanjutnya, bahkan nanti ada sentra-sentra UKM yang akan dibangun disekitar kawasan tersebut, hal ini juga membantu meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

” Itu rencana awalnya, mohon dukunganlah teman-teman media sehingga apa yang menjadi rencana itu bisa terwujud,” ucap Plt kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan atau Bapelitbang PPU.

 

Yunita pun menjelaskan, UKM yang akan dipasarkan disekitar kawasan food estate itu merupakan apa yang mengambil produk lokal, hilirisasi hasil tanaman yang di daerah tersebut. Sehingga tidak ada sisa proudksi yang terbuang semuanya dimanfaatkan.

 

” Ada nilai tambah ekonomislah disitu,” imbuhnya

Ada tiga kabupaten yang di Kaltim itu ditetapkan sebagai pengembangan Food Estate. Tetapi untuk kabupaten lain tetap digenjot pertanian tanaman pangan lain baik untuk indusri hulu maupun industri hilir karena tiap-tiap daerah memiliki karakteristik berbeda. (Syahidr5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Tingkat Kesembuhan Pasien CoViD-19 di PPU Kini Capai 95,8%

Sen Jul 13 , 2020
  BERITAPENAJAM.Net,- Untuk mendukung ketahanan pangan sebagai Ibu Kota Baru, Maka Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) merencanakan menjadi bagian dari kawasan program food estate atau lumbung pangan, ada tiga kabupaten yang yang digadang menjadi kawasan food estate di Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut yakni, PPU, Paser dan Kutai Kartanegara.   Rencana […]
%d blogger menyukai ini: