PPU, Penanggulangan Penyakit HIV/AIDS Kekurangan Anggaran

by -183 Views

BERITAPENAJAM.Net –Dinas Kesehatan (Dinkes) Penajam Paser Utara (PPU), mencatat sebanyak 44 Orang terjangkit HIV/AIDS dan diantaranya tiga orang meninggal dunia akibat terjangkit HIV. Sebab hal itu, Pihak Dinkes melakukan program pencegahan penanggulangan penyakit HIV/AIDS tetapi minimnya anggaran untuk pencegahan hal tersebut, Dinkes hanya mendapatkan anggaran sebesar 39 juta sehingga hanya untuk bekoordinasi saja dengan puskesmas – puskesmas yang ada di PPU.

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Menular Dinkes PPU Dr. Eka Wardhana mengatakan bahwa pihaknya hanya mendapatkan anggaran untuk Pencegahan Penyakit HIV/AIDS hanya cukup untuk bekoordinasi saja dengan 11 Puskesmas yang ada di PPU. “kita mendapatkan anggaran 39 juta untuk menjalankan program – program pencegahan penularan penyakit HIV/AIDS dan dana tersebut hanya untuk berkoordinasi dengan 11 puskemas yang di PPU,“ ujarnya.

Eka Wardhana juga mengatakan bahwa jika ingin mencegah penyakit tersebut, paling tidak pihaknya harus banyak menjalankan program pencegahan HIV/AIDS guna bisa mencegah penularan penyakit tersebut. “Paling tidak untuk mencegah penyakit menular tesebut kita itu melakukan pemeriksaan kepada orang – orang yang diperkirakan terjangkit HIV dan harus banyak menjalankan program – program guna dapat mencegah penyakit tersebut. Syukurnya kita mendapatkan bantuan stik pemeriksaan dari provinsi,” pungkasnya. (pad)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.