PPU Jalin Kerja sama dengan Kabupaten Kutai Barat

by -225 Views

Ciptakan Keterpaduan Pembangunan Antar Daerah

BERITAPENAJAM.Net– Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) jalin kerja sama untuk percepatan pembangunan daerah dengan pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar). Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan dokumen kesepakatan bersama antar kedua daerah oleh  Bupati PPU, Yusran Aspar dan Bupati Kubar, FX Yapan, Rabu, (24/5) yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kubar beum lama ini.

Disebutkan dalam dokumen perjanjian kerja sama tersebut bahwa kerja sama dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pembangunan perekonomian dan kualitas kesejahteraan masyarakat di kedua daerah dengan objek dan ruang lingkup masing-masing bidang insfrastruktur, bidang ekonomi, kebudayaan dan pariwisata dan persoalan tata batas wilayah antar daerah.

Selain itu, hal tersebut juga dimaksudkan bahwa kerja sama dilaksanakan untuk menciptakan keterpaduan pembangunan antar daerah dan untuk mewujudkan efisiensi, efektivitas dan sinergitas pembangunan pelayanan kepada masyarakat serta pemanfaatan sumberdaya yang ada.

Dalam sambutannya Yusran Aspar mengatakan, kerja sama antar daerah itu sangat penting dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kemajuan kedua daerah. Karena menurutnya, tanpa bantuan atau kerja sama yang terjalin dengan daerah lain, satu daerah menjadi lambat berkembang. Salah satunya yang sangat diharapkan di Kaltim saat ini adalah kerja sama dalam bidang insfrastruktur jalan lintas Kaltim sebagai penunjang pembangunan insfrastruktur lainnya.

Dikatakan dia, pada awal kepemimpinannya sebagai Bupati PPU periode pertama dulu, dirinya sempat menggagas pembangunan jalan trans Kaltim diantaranya jalan di wilayah Kelurahan Sotek menuju wilayah Bongan yang salah satunya merupakan jalan pendekat menuju Kabupaten Kutau Barat. Namun lanjutnya, pembangunan jalan tersebut pada dasarnya merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi sehingga kebijakan daerah sangat terbatas didalamnya.

“Pembangunan isfrastruktur jalan merupakan salah satu sarana terpenting dalam menunjang sektor pembangunan lainnya. Dapat kita saksikan bahwa Negara-negara maju selalu memprioritaskan sektor insfrastruktur jalan mereka. Bayangkan jika kondisi jalan di Kaltim baik, PPU-Kubar hanya cukup ditempuh dengan waktu tiga jam perjalanan darat, padahal selama ini kita harus menghabiskan waktu berjam-jam menuju kesana,” kata dia.

Namun perjuangan tersebut kata dia, tentunya tidak berhenti sampai disitu. Jika dirinya kelak dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Kaltim, pastilah pembangunan insfrastruktur jalan lintas Kaltim ini akan menjadi program prioritas yang harus tercapai.

“Pembangunan inilah cita-cita mulia kami yang hingga saat ini belum dapat diwujudkan di Kaltim, “ujarnya.

Selain itu, melalui kerja sama ini kata Yusran, diharapkan akan memberikan kemajuan-kemajuan bagi kedua daerah, baik PPU maupun Kabupaten Kubar yang salah satunya adalah dalam bidang pembangunan insfrastruktur jalan yang menghubungkan bagi kedua daerah ini.

“Semoga kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik sesuai apa yang kita harapkan. Sehingga pada akhirnya akan memberikan nilai positif tentunya kemajuan bagi kedua daerah,” harap Yusran Aspar.

Sementara itu dalam arahannya Bupati Kubar, FX Yapan mengatakan sangat menyambut baik kesepakatan  kerja sama tersebut. Dia mengatakan, sesungguhnya Kabupaten Kubar dan PPU tidak terlalu berjauhan. Hanya saja kata dia, kondisi insfrastruktur jalanlah yang menjadi persoalan bagi masyarakat selama ini.

“Kabupaten Kubar banyak memiliki kekayaan alam yang potensial, tujuan wisata menarik, begitu juga yang dimiliki oleh Kabupaten PPU. Jika kondisi insfrastruktur jalan yang baik dan menunjang, pastilah kedua daerah ini dapat saling mengunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, “ kata Yapan.

Dalam kesempatan itu, Yapan juga banyak memperkenalkan berbagai perihal tentang daerah mereka. Kabupaten yang kini telah berusia 18 tahun itu kata Yapan, saat ini terus melaksanakan pembangunan diberbagai bidang, karena kata dia, Kabupaten Kubar juga merupakan Kabupaten yang masih muda setara dengan PPU.

“Kami berharap, jalinan kerja sama antar kedua daerah ini akan memberikan kemajuan pembangunan khususnya pada bidang pereknomian daerah, bidang kebudayaan dan pariwisata serta perbaikan tentang tata batas antar kedua daerah ini,” jelasnya. (Humas6/Nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.