PPU Gelar Rapid Test Gratis Bagi Pelajar, Santri dan Mahasiswa

by -206 Views
Jubir Gusgas CoViD-19 PPU/ dr Arnold Wayong yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan PPU
Jubir Gusgas CoViD-19 PPU/ dr Arnold Wayong yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan PPU

 

BERITAPENAJAM.Net,- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/382/2020 tentang Protokol Pengawasan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri di Bandara Udara dan Pelabuhan Dalam Rangka Penerapan Kehidupan Masyarakat Produktif dan Aman Terhadap Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) akan menggelar rapid test gratis untuk Pelajar/Santri/Mahasiswa yang ada di PPU, Selasa (07/07/2020)

 

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) yang juga selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten PPU Arnold Wayong mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan karena banyaknya permintaan repid test untuk pelajar/santri/ mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang tinggi atau memulai pembelajaran baru.

 

Tambah Arnold, untuk saat ini ada 6 Puskesmas yang disediakan yaitu Puskesmas Penajam, Petung, Waru, Sebakung Jaya, Sotek, dan Sepaku I. Ada pun syarat-syarat dan ketentuan yang harus dibawa untuk melakukan repid test tersebut seperti foto copy kartu pelajar, foto copy KTP atau KK dan foto copy tiket pesawat/kapal laut yang akan dituju.

 

“Rapid Test gratis tersebut akan digelar dibeberapa Puskesmas yang ada di PPU dan maksimal 14 hari sebelum keberangkatan, jika belum ada tiket pesawat atau kapal bisa mengisi fomulir pemohonan yang sudah disediakan dibeberapa Puskesmas,”jelas Arnold.

 

Arnold menjelaskan, kebijakan pemberian rapid test ini dilakukan untuk membantu pelajar/santri/mahasiswa PPU ingin melanjutkan pendidikan atau memulai pendidikan diluar daerah maupun dalam daerah jika sekolah, pondok pesantren, dan universitas harus mewajibkan membawa surat rapid test.

 

“Jika harus mewajibkan membawa surat rapid test kami siap repid test para pelajar, santri dan juga mahasiswa,” tegas Arnold.

 

Arnold juga berharap dengan adanya pelaksanaan repid test gratis dari pemerintah PPU ini bisa memudahakan pelajar/santri/mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan atau memulai pembelajaran baru, sehingga dapat membantu mengurangi beban masyarakat ditengah pendemi seperti ini,” tutupnya.

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.