Posyandu Tempat Deteksi Tumbuh Kembang Usia Dini

by -118 Views
Pertemuan yang digelar melalui video converence ( zoom meeting) di Aula lantai III Kantor Bupati PPU.

 

BERITAPENAJAM.Net,- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Hj. Risna Rais Abdul Gafur hadiri pertemuan yang digelar melalui video converence ( zoom meeting). Kegiatan ini merupakan dukungan lintas sektor dalam rangka peningkatan cakupan kunjungan Balita di Posyandu yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kaltim, Senin, ( 10/8/2020)

Upaya pemantauan tumbuh kembang anak usia dini secara pokok merupakan tugas keluarga dan dibantu oleh kader Posyandu melalui kegiatan Posyandu.

Dalam sambutannya Ketua PKK Kaltim, Hj. Norbaiti Isran Noor mengatakan, bahwa berdasarkan data terkait yang ada saat ini menyebutkan angka kunjungan balita di Posyandu di Kaltim masih cukup rendah.

Termasuk Kota Samarinda saat ini merupakan wilayah dengan angka terendah di Kaltim. Sementara Pemkot Balikpapan menjadi wilayah terbaik dengan angka tertinggi pada kunjungan balita di Posyandu yang ada.

“Dari capaian ini tentunya kita dapat mencontoh mengapa Kota Balikpapan dapat memperoleh capaian dengan angka tertinggi itu. Sebaliknya mengapa Kota Samarinda sampai menjadi wilayah terendah, “jelasnya ketika diwawancarai di Aula lantai III Kantor Bupati PPU Senin, (10/08/2020)

Sebagaimana diketahui tambah dia, masalah gizi di Kaltim masih sangat rendah. Padahal Posyandu merupakan tempat yang paling strategis untuk mendeteksi dini tumbuh kembang anak.

“Artinya kalau bayi tidak datang ke Posyandu tentunya banyak balita kita yang tidak diketahui pertumbuhan dan perkembangannya, ” kata Norbaiti.

“Kami mengharapkan adanya kegiatan-kegiatan pembinaan yang terintegrasi langsung kepada masyarakat yang ada di daerah, sehingga dapat mendongkrak capaian kita di Posyandu yang ada. Saya juga menyambut baik pertemuan ini dan semoga dapat menjadi solusi di masing- masing daerah di Kaltim, “pungkasnya
(bp5)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.