Populasi Sapi ‘Brahman Cross’ di PPU Meningkat Sebanyak 1.241 Ekor

BERITAPENAJAM.Net– Sapi jenis ‘Brahman Cross’ asal Australia bantuan dari Pemerintah Provinsi kepada 24 kelompok tani di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), sejak tahun 2015 telah berkembang dengan baik.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten PPU, Arief Murdiyatno mengatakan, bantuan sapi brahman cross kepada Kabupaten PPU berjumlah 701 ekor. Dan selama dua tahun telah berkembang baik menjadi 540 ekor dengan total saat ini sebanyak 1.241 ekor.

“Perkembangannya cukup baik, ya karena selama dua tahun ini peningakatan populasi sapi ternak meningkat signifikan,” ujarnya, Rabu (19/7/2017).

Arief mengakui dalam dinamika perjalanan pemeliharaan hewan ternak sapi oleh kelompok tani, terdapat sebanyak 108 ekor dan 80 indukan sapi yang mati.

“Ini karena ada sebagian perawatan yang kurang baik dari petani, sehingga stresnya tinggi dan mengalami kematian cukup banyak,” tuturnya.

Menurutnya, pemeliharaan sapi brahman cross asal asutralia ini sedikit sulit ketimbang memelihara sapi-sapi lokal, namun Kabupaten PPU berhasil mengembangkannya.

Sebagian faktor yang menyebabkan kematian terhadap sapi brahman cross ini, diantaranya penyakit kembung, kurang nutrisi dari pakan hijau, faktor cuaca dan perilaku peternak sebagai pemilik sapi.(toy/nit)

Random Posts

Leave a Reply