Pj Bupati PPU Makmur Marbun Hadiri Roadshow Kelembagaan SKK Migas dan PT. PHKT. 

by -91 Views

BERITAPENAJAM, – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menghadiri kegiatan roadshow kelembagaan SKK Migas Perwakilan Kalimantan Timur dan Sulawesi, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) salahsatunya PT.Pertamina Hulu Indonesia (PHI) melalui PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), dalam rangka penyerahan Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) kepada masyarakat sekitar wilayah operasi. Paket yang diserahkan sejumlah 200 paket untuk masyarakat sekitar dan 21 paket untuk jurnalis di PPU, Selasa 26/03.

Hal ini salah satu bagian program kecil yang dilakukan, sebagai bentuk aktif dalam mendukung memajukan sumber daya manusia yang ada di kawasan operasi di Kabupaten Penajam Paser Utara yang sejauh ini terus didedikasikan oleh PHI melalui PHKT seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, lingkungan, hingga pariwisata dan UMKM.

Pj Bupati PPU Makmur Marbun dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat.

“Semoga bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut dia berharap PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur untuk terus memperbanyak lagi Program pemberdayaan sumber daya manusia di PPU agar dapat lebih mandiri. Dia menyebut sudah saatnya masyarakat PPU menjadi pelaku sehingga kemandirian menjadi sangat penting, termasuk hadirnya dukungan pelaku usaha termasuk BUMN.

“Tetapi yang perlu dilakukan yakni bagaimana program dalam meningkatkan sumber daya manusia, sehingga tidak lagi menjadi penonton” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Lapangan Lawe-Lawe PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur Hendra Murdani menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang tiap tahun diadakan. Hal ini merupakan wujud kepedulian perusahaan kepada masyarakat PPU.

“Karena kita tahu bahwa PHKT itu bertetangga dengan masyarakat. Kami ingin agar kami menjadi tetangga yang baik kepada masyarakat,” ucapnya.

Dia menyebut distribusi akan dilakukan ke beberapa kelurahan, seperti Gunung Seteleng, Penajam, Pejala, Waru, Sesulu, Saloloang, dan Kampung Baru.

“Mudah-mudahan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Penajam Paser Utara,” ucapnya.

Diketahui, program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PHI melalui PHKT terus menyebar dan berkembang dikawasan operasinya termasuk di Kabupaten Penajam Paser Utara. Banyak pihak yang telah menerima manfaat dari program CSR yang mengedepankan peningkatan kualtias sumber daya manusia, diantaranya Program Randu Pesona yaitu program Reintensifikasi Perikanan Terpadu dengan Pengolahan Sampah Organik dan Mina Padi. Program CSR ini selaras dan bersinergi dengan Program Kampung Perikanan Budidaya yang diinisiasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan di Penajam Paser Utara (PPU), yang sudah berjalan sejak 2022 dalam upaya mendukung kemandirian pangan.

Tak hanya itu, terkait lingkungan, ekowisata dan ekonomi, PHKT terus mendukung peningkatan peran perempuan. Dimana dukungan diberikan berupa pembinaan kepada womenpreneur atau wirausahawan perempuan yang memiliki peranan penting dalam memberikan kontribusi kepada pengembangan kemandirian masyakarat, baik dalam bilang sosial, ekonomi, maupun pelestarian lingkungan.

(Nis/*DiskominfoPPU/ADV Edited by Udin)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.