Pesona Air Terjun Tembinus

BERITAPENAJAM.Net-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan kegiatan ekspedisi destinasi wisata Air Terjun Tembinus di Desa Bumi Harapan Sektor Trunen Kecamatan Sepaku, Kamis (16/02/17) lalu. Kegiatan ekspedisi dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Budpar Tita Deritayati, yang diikuti oleh jajaran Dinas Budpar.

Pada kesempatan tersebut, Tita menyampaikan bahwa ekspedisi yang dilakukan oleh timnya kali ini adalah dalam rangka survey sekaligus melakukan perencanaan kedepan terkait pembangunan fasilitas umum di lokasi wisata tersebut. Menurutnya, pengelolaan sektor pariwisata, khususnya Air Terjun Tembinus ini nantinya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kab. PPU.

Tita menambahkan, lokasi wisata air terjun ini masih berada dalam wilayah Hak Guna Usaha (HGU) PT. ITCI Hutani Manunggal (IHM), yaitu konservasi hutan. Untuk menuju destinasi wisata Air Terjun Tembinus ini, tim dari dinas Budpar didampingi oleh Sekretaris Camat Sepaku Ahmad Bastian dan Kepala Desa Bumi Harapan Gatot Mangun Kusumo beserta karyawan dari PT. IHM sebagai penunjuk arah ke lokasi tersebut.

Air Terjun Tembinus di Desa Bumi Harapan Sektor Trunen Kecamatan Sepaku
Air Terjun Tembinus di Desa Bumi Harapan Sektor Trunen Kecamatan Sepaku

“Kurang lebih 3 jam perjalanan dari ibu kota kabupaten PPU, tim destinasi tiba di lokasi penggemukan Sapi Trunen, kecamatan Sepaku. Kemudian, tim melanjutkan perjalanan melalui jalan logging yang sangat berdebu sekitar 1 jam, sampai pada titik masuk jalan setapak menuju area air terjun tersebut.  Dan, dari titik masuk jalan tersebut, tim dinas budpar memerlukan waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki sampai di kawasan wisata Air Terjun Tembinus ini”, ujar Tita.

“Rasa lelah untuk menuju kawasan wisata ini seolah terbayarkan dengan pesona indah air terjun tembinus ini. Air terjun dengan tinggi tebing kurang lebih sekitar 70 Meter ini sangat mengesankan, dan sebagian rombongan tim tidak sabar untuk langsung menikmati dinginnya air”, terang Tita.

Selain menikmati keindahan disekitar kawasan wisata tersebut, Tita bersama timnya juga melakukan survey titik koordinat destinasi dan menggali informasi tentang wisata konservasi hutan. Menurut Tita, wisata air terjun ini sangat layak dijadikan Destinasi Wisata Unggulan Daerah. Ia juga berpesan kepada jajaran kecamatan, desa dan karyawan PT. IHM untuk menghimbau kepada para pengunjung yang datang untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kawasan sesuai dengan Sapta Pesona Pariwisata.

“Setelah kurang lebih sekitar 2 jam menikmati keindahan alam, tim destinasi Budpar melakukan persiapan kembali ke Kantor, dan saya menghimbau kepada seluruh tim agar melakukan kerja bakti dan tidak meninggalkan sampah dilokasi air terjun tembinus ini”, tutup Tita. (Humas 05/Nit)

 

Random Posts

One thought on “Pesona Air Terjun Tembinus

Leave a Reply