Catatan Objek Wisata – Perjalanan Berkesan Menuju Air Terjun Tembinus PPU

BERITAPENAJAM.NetPerjalanan tim ekspedisi oleh tim beritapenajam.net membuka panorama alam Benuo Taka. Nita melakukan perjalanan ke air terjun tembinus (Kecamatan Sepaku).

Setiap individu selalu punya cara tersendiri untuk mengisi waktu luang diakhir pekan mereka. Ada yang memilih untuk diam di rumah, mengunjungi rumah keluarga atau kawan, pergi bertamasya ke pantai, ke mall bahkan ada yang senang berwisata ke tempat- tempat yang seru dan menantang dan masih banyak kegiatan lainnya.

Nah, khusus untuk masyarakat yang suka mengunjungi tempat wisata dengan perjalanan yang seru dan menantang, air terjun tembinus bisa menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Air terjun tembinus yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tersebut merupakan wisata alam yang mungkin masih asing di telinga sebagian masyarakat  PPU.

Meskipun lokasi wisata air terjun ini masih berada dalam wilayah Hak Guna Usaha (HGU) PT. ITCI Hutani Manunggal (IHM), tempat tersebut sudah bisa diakses oleh masyarakat PPU maupun masyarakat luar PPU. Waktu yang diperlukan untuk menempuh lokasi tersebut yaitu sekitar kurang lebih 3 jam perjalanan dari ibu kota kabupaten PPU (Kantor Kecamatan Penajam).

Minggu (26/02/2017) kemarin menjadi akhir pekan yang banyak dimanfaatkan pemuda-pemudi PPU ataupun masyarakat dari luar daerah untuk menikmati indahnya air terjun tembinus, termasuk di dalamnya rombongan kami yang berjumlah 15 orang. Perjalanan pada hari itu didominasi oleh pengendara beroda dua. Perjalanan yang memakan waktu cukup lama serta jarak tempuh yang cukup panjang untuk dilalui itu, bisa dibilang perjalanan yang cukup berkesan.

Meskipun kondisi cuaca yang tidak bersahabat, dimana hujan deras terjadi di  PPU yang menyebabkan jalanan “becek” atau licin, hal itu tidak menjadi penghalang bagi para wisatawan untuk tetap melakukan perjalanan demi memuaskan keinginan mereka untuk melihat dan merasakan derasnya air terjun tembinus.

Pepohahan yang hijau disepanjang perjalanan menambah indahnya panorama alam di kawasan tersebut. Sehingga kami yang melintasinya tetap bisa menikmati indahnya alam walaupun dalam perjalanan kami menemui beberapa kendala, seperti ban motor yang sulit berputar karena diakibatkan lumpur tebal menyelimuti, sehingga membuat beberapa pengendara harus turun dari kendaraan yang mereka gunakan dan mendorongnya demi melangsungkan perjalanan.

Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan, kami dan rombongan lainnya tiba di pelataran bagian hutan yang rimbun akan pepohonan. Sangat melegakan rasanya tiba di lokasi tujuan. Air sungai yang terlihat mengalir deras di bagian bawah jalan seolah menjadi pemberi semangat kepada kami yang telah tiba di lokasi itu.

Tidak berhenti sampai disitu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar kurang lebih 200 meter. Para wisatawan harus berjalan mengikuti jejak setapak yang licin. Meski begitu, sesampainya kami di bebatuan yang dialiri oleh air membuat perasaan lega, apalagi ketika melihat curahan air terjun yang deras dari ketinggian beberapa puluh meter bisa membuat rasa lelah yang dirasakan telah terbayar lunas oleh indahnya pesona air terjun tembinus tersebut.

Beberapa wisatawan lain yang sudah sampai terlebih dahulu, terlihat sangat menikmati air terjun tembinus tersebut. Meskipun air yang tidak terlalu jernih karena diakibatkan hujan deras yang terjadi, hal tersebut tidak membuat niat kami surut untuk tetap menikmati dingin dan derasnya air.

Untuk para wisatawan yang nantinya ingin mengunjungi air terjun tembinus disarankan untuk tidak pergi ketika hujan turun, dan sebaiknya pergi pada kondisi hari yang cerah agar kondisi jalan dapat lebih baik sehingga keselamatan dan keamanan bisa terjaga, selain itu jangan lupa juga menggunakan pengaman untuk diri sendiri seperti helm jika menggendarai  kendaraan roda dua serta menggunakan sepatu dan jaket.

Dari informasi yang didapat, air terjun yang berlokasi cukup jauh dari ibu kota itu hanya bisa dikunjungi pada hari sabtu dan minggu. Selain itu, pengunjung hanya diperbolehkan untuk menikmati pesona air terjun tembinus hanya sampai dengan pukul 4 sore.

Air terjun tembinus merupakan pesona alam yang cukup indah dan mampu memanjakan mata bagi masyarakat yang berkunjung. Air terjun tembinus yang merupakan salah satu potensi alam yang ada di PPU ini sangat cocok sekali dikunjungi oleh para petualang  dari PPU maupun dari daerah lain yang gemar untuk menikmati pesona alam di bumi.

Catatan Objek Wiatasa PPU (1)

Nita

Random Posts

One thought on “Catatan Objek Wisata – Perjalanan Berkesan Menuju Air Terjun Tembinus PPU

Leave a Reply