Peringatan Hari Santri Nasional di Penajam Diikuti Ratusan Peserta

by -402 Views

BERITAPENAJAM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan upacara peringatan Hari Santri Tahun 2022 pada Sabtu (22/10/2022) pagi.

Upacara memperingati Hari Santri diikuti oleh ratusan peserta. Para santri datang dari berbagai pondok pesantren yang ada di Kabupaten PPU, kemudian dari pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Meski pada upacara tersebut rintik hujan tak menghalangi jalannya kegiatan, Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar yang memimpin jalannya upacara membacakan sambutan dari Menteri Agama RI.

Dibacakan Tohar, bahwa sejak ditetapkannya hari Santri pada tahun 2015 lalu setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan dengan tema yang berbeda. Untuk Tahun 2022 ini peringatan hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Dijelaskan Tohar bahwa makna dari tema itu adalah bagaimana santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

“Ketika Indonesia memanggil santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakannya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” kata Tohar.

Lanjut Tohar, bahwa paskah Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan ibu Pertiwi. Selain agama, para santri terus terlibat aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan.

 

“Hal ini menujukan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Sehingga mengasosiasikan santri hanya dengan bidang ilmu keagamaan saja tidaklah tepat. Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi,” jelasnya.

Bahkan, Santri juga dapat menjadi pemimpin negara. Walaupun demikian, santri tidak akan melupakan tugas utamanya dalam menjaga agamanya sendiri.

“Melalui momen upacara hari Santri tahun 2022 ini mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama , kiai, santri yang syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama,” tandasnya. (yn)

 

Penulis : Dian MS

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.