Perdana, Jamaah Padati Masjid Agung PPU

by -177 Views

BERITAPENAJAM.Net- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar dan Wakil Bupati PPU Mustaqim MZ, Sekretaris Daerah H Tohar, Ketua DPRD PPU Nanang Ali, Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan, Dandim 0913/PPU Letkol Czi Dwi Imam Subagyo beserta SKPD terkait, Anggota DPRD dan masyarakat melaksanakan solat Jumat perdana di Masjid Agung Komplek Islamic Center, PPU (10/3).

Sholat Jumat perdana ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi PPU yang ke-15. Pada kesempatan ini digelar pengajian umum, sholat jumat dengan Khatib Profesor Dr KH Nasaruddin Umar M.A (Imam Masjid Besar Istiqlal Jakarta Ke-5), Imam solat Jumat oleh KH Abdul Gani Usman, Bilal Qadarasmadi Rasyid (Bilal Masjid Istiqlal Jakarta).

Bupati Yusran Aspar dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Nasaruddin Umar karena menyempatkan waktunya untuk ke Kabupaten PPU dalam rangka HUT PPU yang Ke-15 demikian pula kepada jamaah yang turut dalam sholat Jumat di Masjid Agung ini.

“Atas nama pemerintah PPU sangat bersyukur dan berbahagia bisa melakukan kegiatan sholat Jumat berjamaah dan kado istimewa dalam rangka peringatan HUT PPU ke-15, kegiatan ini menjadi silaturahmi antar umat muslim agar kita selalu mencintai dan mengikuti sunnah–sunnah Rasullillah SAW, maka dari itu kegiatan ini sangat positif dan saya harap salat berjamaah seperti ini jangan pernah berhenti utnuk terus dilaksanakan, ingatnya.

Sebelum pelaksanaan solat Jumat berjamaah, bilal Masjid Istiqlal Jakarta Qadarasmadi Rasyid melantunkan ayat-ayat suci Alqur’an dengan sangat merdu yang membuat seluruh jamaah yang hadir di ruang itu tertunduk meresapi ayat-ayat yang dibacakan.

Bupati PPU H Yusran Aspar menambahkan, bahwa digunakannya masjid ini untuk Sholat Jumat perdana merupakan kado ulang tahun Hari Jadi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang ke 15 bagi Warga Kabupaten PPU pada khususnya dan bagi warga muslim pada umumnya, sejak dibangunnya masjid ini terkesan agak lamban lantaran terdapat perubahan desain yang tadinya desain tangga terkesan lebih tinggi sehingga dirombak menjadi lebih nyaman lagi,

Seiring dengan pembengunan masjid Agung PPU ini, selain membangun sejumlah fisik pemerintah PPU juga mempunyai kewajiban untuk membangun jiwa umat islam sejalan dengan apa yang terdapat dalam salah satu lirik pada lagu kebangsaan Indonesia Raya yaitu bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, artinya sebelum membangun fisik maka terlebih dahulu kita diperintahkan untuk membangun jiwa yaitu mental spirit kita.

Sedangkan Khotib sholat jumat Profesor DR KH Nasruddin Umar dalam khutbahnya menyampaikan bahwa fungsi masjid bukan saja untuk tempat ibadah seperti solat dan lain-lain, sesungguhnya masjid di zaman Rasulullah adalah multi fungsi.

Ada sekitar 21 fungsi di Masjid zaman Rasulullah, antara lain masjid digunakan untuk tempat silaturahmi antar warga, masjid untuk berkumpul melaksanakan solat wajib berjamaah, membangun kerukunan beragama, membangun kerukunan antar umat beragama, masjid digunakan untuk membangun peradaban, masjid juga dibangun untuk berseni budaya, soc=sial, perekonomian, pertahanan Negara, pendidikan, mengurus jenazah, perkawinan dan lain-lain. (Humas8/Nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.