PENYAMBUTAN SATGAS PAMTAS YONIF YONIF 141/AYJP KODAM II/SWJ DAN PELEPASAN SATGAS PAMTAS RI-MALAYSIA

PENYAMBUTAN SATGAS PAMTAS YONIF YONIF 141/AYJP KODAM II/SWJ DAN PELEPASAN SATGAS PAMTAS RI-MALAYSIA
YONIF 621/MTG KODAM VI/MLW

BERITAPENAJAM.NET-Panglima Komando Daerah Militer VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., diwakili oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin upacara penyambutan Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP dari Kodam II/Swj dan pelepasan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 621/Mtg Kodam VI/Mlw bertempat di dermaga pelabuhan Semayang Balikpapan Jum’at, 6 Oktober  2017.

Dalam sambutan tertulisnya, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., yang dibacakan oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas kepada Yonif 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa Kodam II/Sriwijaya sebagai Satgas Pamtas  RI-Malaysia di wilayah Kodam VI/Mulawarman. Begitu pula kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Kodam VI/ Mulawarman.
Perlu dipahami, bahwa tugas yang akan dilaksanakan merupakan wujud darma bakti TNI kepada rakyat, bangsa dan negara yang kita cintai. Oleh karena itu, kepercayaan ini harus dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan  dengan penuh  semangat  dan kesungguhan dilandasi sikap disiplin yang tinggi.
Perlu diketahui bahwa wilayah perbatasan negara yang terbentang di Kalimantan Timur dengan negara Malaysia membentang sepanjang ± 1.038 km, meliputi Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Mahakam Hulu serta jumlah penduduk sebanyak 368.512 jiwa dengan berbagai permasalahan perbatasan antar negara yang belum terselesaikan, hingga kini masih merupakan suatu permasalahan yang cukup kompleks, menyangkut kedaulatan dan integritas serta martabat masing-masing negara.
 
Wilayah perbatasan juga memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi seperti  penyelundupan, peredaran narkoba kegiatan illegal logging, pelanggaran perbatasan, termasuk masyarakat pelintas batas secara illegal. Hal ini harus benar-benar menjadi perhatian seluruh prajurit selama melaksanakan tugas Pengamanan perbatasan.
 
Dihadapkan pada keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, wilayah perbatasan harus benar-benar dapat dijamin keamanannya, sekaligus dapat memberikan kontribusi positif bagi  kepentingan  masyarakat di perbatasan. Jangan sampai ketidakmampuan kita dalam menjaga perbatasan, menyebabkan banyaknya kejadian yang dapat direkayasa pihak lain yang akhirnya akan merugikan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Kehadiran kalian harus mampu memberikan dampak positif bagi kepentingan keamanan perbatasan maupun untuk membantu masyarakat agar tetap memiliki wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan nasionalisme yang tinggi. Untuk itu setiap prajurit harus mampu menjaga martabat dan kehormatan Prajurit TNI yang dilandasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.
Tugas operasi seperti ini bukanlah merupakan tugas yang ringan, disamping menuntut semangat pengabdian dan kerelaan berkorban yang besar, para Prajurit juga dituntut memiliki wawasan yang luas serta kesiapan mental yang kuat. Sehingga dibutuhkan tingkat kedisiplinan, kemampuan profesionalisme dan naluri tempur Prajurit yang tinggi sekaligus menghindari tindakan yang ceroboh dan lengah selama bertugas.
 
Untuk  mendapatkan simpati masyarakat, para Prajurit hendaknya menjauhi segala perilaku dan tindakan arogan, tidak terpuji yang dapat membuat masyarakat bersikap antipati. 
Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komandan KRI 537 Teluk Manado Mayor Laut (P) Homa Sugama, beserta seluruh ABK yang telah mengantarkan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa Kodam II/Sriwijaya dan Satgas Pamtas Yonif 621/Manuntung Kodam VI/Mulawarman.
Hadir dalam upacara penerimaan satgas Pamtas tersebut, Irdam VI/Mlw, Staf Ahli Pangdam Para Asisten  LO-Al, LO-AU, para Kabalak, Danlanal, Dandim 0905/Bpp, Komandan KRI Komandan KRI 537 Teluk Manado Mayor Laut (P) Homa Sugama, beserta seluruh ABK serta sejumlah udangan lainnya.(Kodam VI/Mlw/Nit/Ril)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Kapolres PPU Beri Kejutan ke Dandim 0913/PPU di Hari Jadi ke-72

Sab Okt 7 , 2017
PENYAMBUTAN SATGAS PAMTAS YONIF YONIF 141/AYJP KODAM II/SWJ DAN PELEPASAN SATGAS PAMTAS RI-MALAYSIA YONIF 621/MTG KODAM VI/MLW BERITAPENAJAM.NET-Panglima Komando Daerah Militer VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., diwakili oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin upacara penyambutan Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP dari Kodam II/Swj dan pelepasan Satgas Pamtas […]
%d blogger menyukai ini: