Pengrajin Gula Merah Api-api, Gula Semut Dapat Hasailkan Rp 200 Ribu Perhari

BERITAPENAJAM.NET- Bagi sebagian masyarakat gula merah tidak asing lagi ditelinga,  hampir setiap harinya banyaknya makanan dan minuman yang diproduksi menggunakan gula merah.

Saat ini pengrajin air nira pohon aren selain diproduksi menjadi gula merah juga mulai dikembangkan dalam bentuk gula semut atau gula kristal seperti yang dilakuukan oleh kelompok Tani Aren Lestari di Desa Api-Api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Amirudin, selaku Ketua Kelompok menjelaskan selain menghasilkan gula cetak, dirinya ersama kelompoknya juga memproduksi gula semut,  proses yang dilakukan cukup panjang dan berbeda dengan gula cetak pada umumnya. “ Kalau saya malah senang merubah dari gula cetak, ke gula semut seperti ini artinya kan ada peningkatan sedikit,” ucapnya.  Saat ditemui beberapa waktu lalu.

Penghasilan tersebut cukup menjanjikan bagi dirinya, pendapatan rata-rata yang dihasilkan per harinya kisaran Rp, 150 ribu bahkan dapat mencapi Rp 200 ribu.

Usaha ini digelutinya sejak tahun 2001, saat ini pohon yang produktif ada 6 pohon, dari beberapa pohon mampu menghasilkan gula semut sebanyak 5 Kilogram. Produknya sudah terkemas dengan cantik dan telah mendapatkan lisensi dari Majelis Ulama Indonesia, dan tersertifikasi halal.

Pontesni ini terus dikembangkan para pengrajin gula merah pohon aren seolah tidak mau tertinggal kebutuhan pasar dirinya tetap memuat olahan air nira menjadi gula semuat meskipun tidak semua pengrajin gula merah didaerah tersebut melakukan hal tersebut, dikerenakan proses yang sedikit lebih rumit.(SR5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

PSSI PPU Cari Bibit di Piala Soeratin Bupati Cup 2019

Sen Okt 7 , 2019
BERITAPENAJAM.NET- Bagi sebagian masyarakat gula merah tidak asing lagi ditelinga,  hampir setiap harinya banyaknya makanan dan minuman yang diproduksi menggunakan gula merah. Saat ini pengrajin air nira pohon aren selain diproduksi menjadi gula merah juga mulai dikembangkan dalam bentuk gula semut atau gula kristal seperti yang dilakuukan oleh kelompok Tani […]
%d blogger menyukai ini: