Pencanangan Kampanye dan Introduksi Imunisasi Campak-Rubella

BERITAPENAJAM.Net-Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/kecacatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye (imunisasi massal) dan introduksi imunisasi Campak/Measles dan Rubella (MR) yang bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella yang ada di masyarakat.

Untuk tahap I imunisasi massal MR 2017 dilaksanakan di 6 provinsi di seluruh Pulau Jawa yang dilaksanakan pada bulan Agustus dan September 2017. Untuk Tahap II imunisasi Massal  MR dilaksanakan di seluruh Propinsi diluar Pulau Jawa yang dilaksanakan  pada bulan Agustus dan September 2018.

Di Kabupaten Penajam Paser Utara, Imunisasi MR pada bulan Agustus sampai dengan bulan September 2018 akan dilaksanakan diseluruh sekolah, Posyandu, polindes, ponkesdes, puskesmas pembantu, puskesmas, dan pos imunisasi lainnya dengan sasaran bayi usia 9 bulan sampai dengan anak usia 6 Tahun. Imunisasi MR ini diberikan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Imunisasi MR ini bersifat wajib dan tidak memerlukan ijin tertulis/ individual informed consent.

Peran Tim Penggerak PKK di tiap tingkatan, tokoh masyarakat  alim ulama serta para pengasuh Pondok Pesantren  sangat diharapkan dalam penyuluhan dan penggerakan sasaran agar masyarakat luas dapat menerima informasi terkait tentang tujuan, waktu, jadwal, dan dapat menggerakkan kelompok sasaran imunisasi massal ini agar datang sesuai waktu pelayanan dan dapat berkoordinasi dengan Puskesmas di wilayah kerja masing- masing. Guna  membangun kepekaan dan kesadaran masyarakat tentang pelaksanaan imunisasi massal MR ini, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten PPU juga mengajak partisipasi media massa (cetak dan elektronik (radio, TV) untuk menerbitkan berbagai berita , wawancara, dialog, pesan layanan masyarakat, pengumuman publik, dan diskusi terkait dengan imunisasi MR ini.
Lebih dari 150 Negara telah melaksanakan imunisasi MR sejak tahun 1970. Kita akan mengikuti negara-negara ini dalam memperkenalkan imunisasi MR melalui imunisasi massal Dan selanjutnya imunisasi MR ini akan menjadi bagian dari imunisasi rutin (bagi anak berusia 9 bulan, 18 bulan dan murid kelas 1 SD) mulai bulan oktober tahun 2018. (Humas6)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Bhabin Polsek Waru, Pantau Kegiatan Warga

Ming Agu 12 , 2018
BERITAPENAJAM.Net-Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/kecacatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye (imunisasi massal) dan introduksi imunisasi Campak/Measles dan Rubella (MR) yang […]
%d blogger menyukai ini: