Pencairan BLT Terhambat, DPMD PPU Minta Pemdes Segera Selesaikan Syarat Administrasi

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU, Nurbayah

BERITAPENAJAM.Net, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meminta agar seluruh Pemerintahan Desa agar menyelesaikan persyaratan yang dibutuhkan guna mempercepat pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Hal ini disampaikan oleh  Nur Bayah yang merupakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU, saat ditemui oleh media beritapenajam.net diruangannya. Jum’at, (02/04/2021)

Hingga saat ini baru dua desa yang telah mencairkan BLT, yakni desa Api-Api dan desa Sesulu, dengan jumlah 237 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari kedua desa tersebut.

“Kita sih maunya secepatnya, barusan juga sudah saya sampaikan ke desa tolong segera diselesaikan persyaratannya” katanya

Pasalnya untuk proses pencairan BLT dari Program Kementrian Desa ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama pada bulan Januari dan tahap akhir pada bulan April ini.

“Sehingga dengan waktu yang ada saat ini pencairan BLT tersebut tetap dilakukan bertahap sebanyak 4 tahapan, tidak bisa langsung sekali pencairan” terang Nur Bayah kepada media ini.

Untuk diketahui Kementrian Desa mengularkan program bantuan untuk KPM BLT Dana Desa. Kabupaten Penajam Paser Utara sendiri memiliki calon KPM sejumlah 2086. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan jumlah KPM tahun lalu yang sebesar 3000an lebih. Hal ini dikarenakan adanya proses validasi dan verifikasi data yang dilakukan oleh tim bentukan pemerintah desa. Sehingga peluang terjadinya data ganda antara KPM bantuan UMKM dan bantuan BLT dana desa itu bisa dicegah. (ags)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

"Green Smart City" Pembangunan IKN Pastikan Tak Rusak Hutan Lindung

Ming Apr 4 , 2021
BERITAPENAJAM.Net, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meminta agar seluruh Pemerintahan Desa agar menyelesaikan persyaratan yang dibutuhkan guna mempercepat pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Hal ini disampaikan oleh  Nur Bayah yang merupakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU, saat […]
%d blogger menyukai ini: