Pemkab PPU Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 

by -136 Views

BERITAPENAJAM– Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara PPU menggelar Upacara Hardiknas yang berlangsung di lapangan Kantor Bupati pada Selasa, (2/5/2023).

 

Upacara tersebut pimpinan langsung oleh Bupati PPU Hamdam dan hadiri oleh Sekertaris Daerah (Sekda), Ketua DPRD PPU Syahruddin M Noor, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, pejabat dilingkungan Pemkab PPU dan para ASN, TNI/Polri, serta siswa/siswi sekolah yang ada di PPU.

 

Pada peringatan Hardiknas tahun 2023, Hamdam turut membacakan pidato tertulis Menteri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Republik Indonesia, Nadiem Makarim.

 

Selanjutnya ia juga menyampaikan dengan adanya arahan dari Menteri Pendidikan, dapat menjadikan pendidikan bagi siswa-siswi dalam merdeka belajar ini, dapat lebih membangun.

 

“Sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan, kita harus kolaborasi dalam rangka, terus mengembangkan dan memajukan kurikulum yang telah membawa perubahan seperti, merdeka belajar saat ini,” Ucapnya.

 

Dikatakan kurikulum merdeka saat ini, menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi siswa. Termasuk dalam seleksi masuk perguruan tinggi, harus fokus pada kemampuan literasi dan bernalar.

 

“Dengan adanya program ini, siswa-siswi akan memiliki keleluasaan untuk mengembangkan kemampuan personalnya. Mereka tidak lagi dipaksa dengan dibebani segala macam pengetahuan, sehingga tidak mengasingkan pribadi maupun personal,” kata Hamdam.

 

Ia juga menambahkan, bahwa pendidikan di Kabupaten PPU saat ini sudah berada pada jalurnya. Pemerintah PPU juga terus berupaya untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas di Benuo Taka. Salah satu upayanya adalah dengan terus meningkatkan program beasiswa dan metode-metode pembelajaran, serta meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan.

 

“Harapan saya, pendidikan di Penajam Paser Utara ini dapat berkembang dan memproduksi SDM yang unggul, dalam rangka memberikan support kepada rencana kita untuk menjadi serambi nusantara,” ungkapnya.

 

Hal tersebut hal tersebut juga sejalan dengan pidato tertulis Mendikbutristek RI Nadiem Makarim, yang dibacakan Hamdam bahwa saat ini transformasi besar dalam dunia pendidikan Indonesia selama tiga tahun terakhir, melalui gerakan merdeka belajar, patut disyukuri dan dirayakan karena anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang.

 

Aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

 

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” tutupnya dalam sambutan tertulis Mendikbutristek. (ADV/hms13)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.