Pemkab PPU Gelar FHBN Kembangkan Identitas Budaya di IKN

by -44 Views

BERITAPENAJAM, – Penjabat (Pj) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), membuka acara Festival Harmoni Budaya Nusantara (FHBN) 2024, yang berlangsung di lapangan Taman Alun – Alun Benuo Taka, dengan tema Merajut Persatuan dalam Keragaman.

Dalam sambutannya Pj Bupati PPU Makmur Marbun, mengatakan, FHBN 2024 yang diselenggarakan tersebut, bertujuan untuk mendorong pengembangan identitas budaya di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Seiring dengan pembangunan fisik dan infrastruktur, penguatan kebudayaan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) ini, menjadi penting setelah hadirnya IKN di Kabupaten PPU.

” Kebudayaan harus dirawat, tidak tergerus oleh budaya dari luar atau budaya asing. Karena Budaya adalah cara hidup kita yang berkembang diwariskan dari generasi ke generasi, ” ucap Pj Bupati PPU dalam sambutannya, Jum’at (06/09/2024).

Kemudian, pembangunan kebudayaan ini bertujuan menjaga atau memperkuat identitas diri agar tidak hilang, dan untuk memperkenalkan budaya Nusantara dalam memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman budaya, dengan mendorong kreativitas dan inovasi dalam seni dan budaya.

” Kami bersiap menghadirkan jati diri kami dengan hadirnya IKN. Sehingga, pertunjukan seni nanti, ditunjukan seni dan budaya dari Benuo Taka, ” tuturnya.

Dengan semangat merayakan kebhinekaan yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia, FHBN 2024 juga, hadir sebagai wadah dan ruang ekspresi yang mempertemukan ragam warna budaya Indonesia dalam satu rangkaian perayaan memukau.

Ia berharap, pemuda pemudi di PPU tidak berhenti mengenal dan mempelajari seni dan budaya tradisional leluhur. Pemuda masa kini harus intens melestarikan, agar tidak terkikis adanya perkembangan zaman, karena budaya adalah jati diri bangsa. (Rd/Bp2/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.