Pemerintah Daerah Lakukan Pemetaan Tapal Batas di Sebagian Wilayah PPU

by -136 Views

BERITAPENAJAM – Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini  melakukan penataan tapal batas disejumlah wilayah di daerah Benuo Taka.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Margono mengungkapkan penataan tapal batas ini masih terkendala pada tapal batas Kabupaten PPU dan Paser.

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan dari kedua belah pihak, sehingga belum ditemukan kesepakatan sampai saat ini.

 

“Saat ini tapal batas antara kabupaten lain, hanya tinggal PPU dan Paser yang belum selesai, kendalanya karena belum menemukan kesepakatan,” ungkapnya, Rabu (22/2/2023).

 

Untuk itu keputusan tersebut akan diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri untuk menentukan tapal batas antara di Kabupaten tersebut.

Selain itu progres pemetaan tapal batas untuk wilayah Kelurahan dan Desa, di Kecamatan Babulu sendiri hanya tersisa desa Rintik, sedangkan untuk di Kecamatan Waru tersisa dua yaitu, Desa Api-Api serta Desa Labangka yang sampai saat ini belum sepakat.

Kemudian untuk Kecamatan Penajam sebanyak 13 Desa/Kelurahan  dalam proses penentuan tapal batas tersebut.

 

“Terkendalanya juga karena masih belum adanya kecepatan baik bagi pemerintah daerah maupun para masyarakatnya,” tuturnya.

 

Adapun permasalahan anggaran yang juga sempat menjadi kendala pada pihak Kelurahan maupun Desa yang belum dapat memfasilitasi terkait pemetaan tapal batas di Kecamatan Penajam.

Sementara itu, untuk wilayah Sepaku Margono mengatakan hal tersebut telah menjadi kewenangan badan otorita IKN yang akan mengatur. (ADV)

 

Reporter : Adell

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.