Pelabuhan Benua Taka Sumber PAD Bagi PPU

by -225 Views

BERITAPENAJAM.Net – Pelaksanaan Pembangunan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebagian besar dirancang berwawasan jauh kedepan. Dengan kata lain, pembangunan itu manfaatnya terus dapat dinikmati oleh masyarakat PPU saat ini hingga kedepan nanti. Salah satunya adalah seperti Pelabuhan Benua Taka di Kawasan Industeri Buluminung (KIB) yang merupakan gagasan Bupati PPU, Yusran Aspar ini seperti tanpak ketika diabadikan gambarnya oleh Bagian Humas Setkab PPU, Rabu, (25/1) kemarin.

Pelabuhan Benuo Taka yang telah di resmikan sejak 2016 lalu ini diperuntukkan untuk loading batu bara dan crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit serta dirancang sebagai pelabuhan umum yang berada di dalam satu lokasi di KIB yang ada di Kabupaten PPU.

Berdasarkan informasi yang ada pada  Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten (PPU), bahwa penarikan retribusi dari Pelabuhan Benuo Taka yang berada diwilayah KIB tersebut  hingga saat ini telah menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten PPU hingga milyaran rupiah. Pelabuhan Benuo Taka ini memang  memiliki potensi besar untuk meningkatkan PAD bagi Kabupaten PPU saat ini dan kedepan.

Gagasan Bupati Yusran Aspar memang patut diperhitungkan. Terbukti berbagai gagasan lainnya yang telah diciptakan mantan anggota DPR RI ini mampu menarik perhatian bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan sejumlah kunjungan kerja daerah lain di Indonesia untuk melakukan pembelajaran tentang berbagai inovasi yang telah diciptakan orang nomor satu di PPU ini kerap dilaksanakan. Bahkan Unit Pelayanan Terpadu (UPT PU) kecamatan, salah satu inovasi bupati Yusran Aspar ini kini telah menjadi percontohan sejumlah daerah di Indonesia.

Melihat berbagai kemajuan daerah ini, masyarakat PPU patutnya bersyukur telah memiliki seorang kepala daerah cerdas dan berwawasan jauh kedepan. Berbagai inovasi dan gagasan yang telah diciptakan selama dua periode memimpin tanah benuo taka ini setidaknya mampu menjadi pondasi kokoh bagi daerah baru di Kaltim ini untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat PPU saat ini dan kedepan. (Humas6)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.