Pegawai Kantor Bupati PPU Jalani Screening Suhu Tubuh

by -201 Views

PENAJAM, – Pegawai di lingkungan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Penajam Paser Utara (PPU) juga tidak luput dari pemeriksaan Virus Corona atau Covid 19. Tanpak setelah apel pagi, seluruh ASN maupun THL di lingkungan ini sebelum masuk kantor wajib menjalani Screening suhu tubuh yang dilaksanakan oleh pihak RSUD Ratu Aji Puti Botung, Senin, (23/3) pagi. Tanpak Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Tohar dan Asisten III, Surodal Santoso juga ikut dalam pemeriksaan ini.

“ Kalau ada ASN maupun THL yang mengalami demam dengan suhu tubuh 38 derajat keatas disini segera kami lakukan Screening demam dan segera kita arahkan ke RS, karena disana ada ruang khusus untuk Screening demam ini, “ kata Dirut RSUD Ratu Aji Puti Botung, dr. Jansje Grace Makisurat saat ditemui dalam kegiatan ini Senin, (23/03/2020)

Grace menjelaskan bahwa tahapan selanjutnya adalah pasien yang tengah menjalani proses Screening demam tersebut akan diberikan sejumlah pertanyaan yang harus dijawab oleh pasien. Jika yang bersangkutan ada masuk dalam kreteria yang dicurigai apakah berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) ataupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sudah akan dipakaikan protokol untuk Corona atau Covid 19 tersebut.

“ Namun kita bersyukur hasilnya dalam pemeriksaan di Sekretariat Kabupaten PPU ini tidak ada satupun ASN maupun THL yang terdeteksi dengan suhu tubuh diatas 38 derajat, “kata Grace.

 

Simulasi Mencuci Tangan (PHBS)

 

 

Selain melakukan Screening suhu tubuh pihaknya juga mensosialisasikan cara mencuci tangan dengan enam langkah kepada seluruh ASN maupun THL yang ada. Namun tambah Grace, membersihkan tangan juga tidak harus menggunakan pembersih berbasis alkohol, tetapi bisa juga dilakukan di wastafel dengan sabun pada air yang mengalir. Menurutnya, diakuinya masih banyak masyarakat juga belum mengerti tentang mencuci tangan yang benar.

“ Kami mengajak kepada seluruh masyarakat agar dapat selalu menjaga kebersiham dan kesehatan mulai diri sendiri dengan mencuci tangan dengan sabun cair setiap saat dimana kita telah merasa menyentuh sesuatu yang kotor, “ ajaknya. (Humas6/bp5)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.