Panen Raya, Bendung Telake Kunci Utama Swasembada Pangan Kaltim

by -292 Views

BERITAPENAJAM.Net – Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar bersama dengan Sekda Povinsi Kaltim Rusmadi, Pangdam VI Mulawarman TNI Sonhadji, Korem 091 Brigjen TNI Irham Waroihan serta Wakapolda Kaltim Brigjen M. Naufal mengikuti panen raya diwilayah pertanian Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, Kamis (25/8).

Yusran Aspar dalam sambutannya usai panen raya bersama menyatakan rasa syukur atas terlaksananya panen raya yang dilakukan secara bersama-sama.

“Alhamdulillah berkat kerjasama dengan jajaran TNI yang dibawahi langsung oleh Kodim 0913 target dua kali tanam dalam setahun sudah tercapai. Tadinya pola tanam padi kita hanya satu kali tanam dan panen satu tahun sekali namun sekarang sudah dua kali dalam setahun. Faktor cuaca juga sangat mendukung,” Ucapnya.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa untuk mendukung pencapaian dalam sektor pertanian khsusnya padi dibutuhkan sarana pendukung karena kondisi alam sulit untuk diprediksi. Untuk itu pemerintah membangun bendung Telake sebagai upaya untuk meminimalisir tingkat kerugian petani sekaligus untuk menyiasati kondisi alam yang tidak menentu.

“Jika bendung telake ini terealisasi tentu akan sangat membantu dan memajukan sektor pertanian diwilayah PPU bahkan bisa menjadi penyuplai swasembada pangan di kalimatan timur karena saat ini diwilayah kalimantan hanya kaltim dan kaltara yang belum swasembada pangan,” ungkapnya.

Sementara Pangdam VI Mulawarman TNI Sonhadji  menyatakan penen raya diwilayah  Desa Gunung Intan Kabupaten PPU ini dalam rangka untuk swasembada pangan dan program ketahanan pangan Kementerian Pertanian bersama TNI untuk menuju swasembada pangan yang telah tercapai khsusunya diwilayah Kaltim seperti PPU.

“Upaya ini akan terus  dilakukan secara bersama sama baik pemerintah, jajaran TNI bersama dengan masyarakat. Dan kedepannya  upaya-upaya untuk sektor pertanian khususnya pangan beras terus dilakukan. Seperti  ditahun 2017 ini TNI bersama dengan masyrakat melaksanakan program mencetak sawah, upaya ini terus dilakukan karena kesedian pangan semakin berkurang dan kebutuhan pangan yang semakin bertambah sehingga perlu dilakukan penambahan dalam menyuplai ketersedian pangan,” pungaksnya.(Humas13/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.