Pacu Kompetensi SDM, Bupati PPU Sudah Tanda Tangani Rencana BLK

BERITAPENAJAM.Net,- Dalam memacu Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), telah merencanakan Balai Latihan Kerja (BLK) yang akan dibangun seluas 2 hektare (ha), usulan tersebut telah disampaikan oleh kepala daerah  Abdul Gafur Mas’ud pihaknya juga sangat mendukung perencanaan tersebut.

” Pak Bupati sangat mensuport sekali dan mendukung program ini, sehingga bupati telah menetapkan lokasi seluas 2 hektare dan sudah beliau tanda tangani,” kata Kepala Disnakertrans PPU, Suhardi Jum’at, (26/03/2021).

Lokasi tersebut berada dikawasan pemerintahan berdekatan dengan Dome. Ia juga mengakui bahwa lokasi tersebut sudah dipasang plang dan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Lanjut, ucap Suhardi sebelum mempersiapkan itu semua pihaknya juga akan mempersiapkan terlebih dahulu perencanaan konstruksi bangunan di daerah. Proses tersebut berjalan secara bersamaan dengan penganggaran, persiapan ini setelah ditetapkan kepala daerah lokasinya harus dilakukan proses sertifikasi global.

” Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perkim informasinya itu sudah di mohonkan secara global, setelah nanti terbit sertifikat global tentunya akan dipecah lagi kemudian itu lah nanti bahan yang digunakan untuk menyampaikan pemerintah dalam hal ini kementerian tenaga kerja untuk suport pembiayaannya,” terangnya kepada Beritapenajam.

Lebih jauh Suhardi menerangkan bahwa pihaknya juga akan bersinergi dengan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam merencanakan BLK ini.
Dirinya juga akan menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan daerah dalam program BLK.

Pada tingkat Provinsi program BLK sebagian besar bergerak di bidang otomotif yang memiliki cakupan lokasi yang luas, sementara PPU program BLK akan mencari di luar dari bidang otomotif seperti, Bidang Teknologi Informasi, Desain Grafis dan tekhnik-tekhnik lainya.

” Harapan kami nanti BLK dapat menciptakan tenaga tenaga kerja yang mempunyai daya saing dan mempunyai produktifitas yang baik,” ucap Suhardi.

Tambahnya, tenaga kerja yang mendaftar setiap tahunnya kurang lebih 1.100 hingga 1.200 rata rata dengan persentase 60% tenaga non skill, kedepannya dengan adanya program BLK dapat menjadi solusi bagi tenaga kerja di PPU. (ags)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Warga Desa Sidorejo Sambut Sosper "Energi Daerah"

Sab Mar 27 , 2021
BERITAPENAJAM.Net,- Dalam memacu Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), telah merencanakan Balai Latihan Kerja (BLK) yang akan dibangun seluas 2 hektare (ha), usulan tersebut telah disampaikan oleh kepala daerah  Abdul Gafur Mas’ud pihaknya juga sangat mendukung perencanaan tersebut. ” Pak Bupati […]
%d blogger menyukai ini: