Open Bidding Isi Dua Jabatan Kosong di PPU

by -171 Views


 

BERITAPENAJAM.Net,- Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Open Bidding dalam rangka seleksi peserta untuk mengisi dua Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang masih kosong di Kabupaten PPU. Kedua jabatan kosong tersebut masing-masing Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang).

 

Dalam pelaksanaan Open Bidding yang digelar di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU ini diikuti sebanyak sembilan orang peserta masing-masing terdiri dari tiga peserta untuk calon pimpinan Bapelitbang dan enam peserta untuk calon Pimpinan DPMPD Kabupaten PPU.

 

“Tujuan dilaksanakannya Open Bidding ini salah satunya adalah mencari jabatan tinggi untuk mengisi dua pimpinan yang kosong tersebut secara transfaran dan pleksibel, “kata Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten PPU, Khairuddin usai kegiatan ini kemaren, Rabu, (15/7/2020)

 

Dijelaskannya selain itu Open Bidding juga telah diamanatkan dalam Undang-undang Nomor : 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor : 11 Tahun 2017, Perubahan Nomor : 17 tahun 2020, tentang manajement ASN, dimana pelaksanaan seleksi Open Bidding adalah untuk mencari jabatan pimpinan tinggi yang ada.

 

Kemudian dalam pelaksanaannya Open Bidding ini tambah Khaeruddin, juga ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan dalam ranngka penilaian di dalamnya antara lain penilaian dari administrasi termasuk rekam jejak, penulisan makalah, persentasi, sesi wawancara dan asesment bagi peserta yang memang belum mengikuti salah satu syarat kegiatan tersebut.

 

“ Namun untuk pejabat tinggi maupun pejabat administrator kita yang mengikuti Open Bidding saat ini semua telah mengikuti assesment sehingga yang bersangkutan tidak perlu lagi melakukan ini, “ jelas Khairuddin.

Khairuddin Plt Kepala BKPSDM PPU

 

Ditambahkannya setelah pelaksanaan Open Biding tersebut, Panitia Seleksi (Pansel) juga akan melakukan rekap nilai dari semua rangkaian penilaian. Kemudian panitia akan menetapkan tiga peserta terbaik bagi calon Kepala DPMPD dan satu terbaik bagi Kepala Bapelitbang nantinya.

 

Kemudian masing-masing peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan memaparkan berbagai program serta langkah-langkah strategis dalam rangka memajukan struktur yang akan dipimpinnya. Peserta juga diminta menjawab secara detail tentang pertanyaan apa yang disampaikan oleh semua tim seleksi yang ada.

 

“ Namun untuk menetapkan satu calon pimpinan terpilih itu nantinya juga menjadi hak prerogatif Kepala Daerah sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang tentang ini, “tutupnya.

 

Adapun pansel pada kegiatan ini terdiri dari lima orang masing-masing dari Fakultas Hukum Unmul, Muktar, Fakultas Ekonomi Unmul, Sofyan, Fakultas Pisipol Unmul, Mahmud Nur,Kepala BKN Regional delapan Banjar Baru, Ramdani dan Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, Tohar.(bp5/humas)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.