OIKN Libatkan PT Sucofindo Uji Kualitas Air Bendungan Sepaku-Semoi

by -69 Views

BERTAPENAJAM,- Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Penajam Paser Utara (PPU), Raja Juli Antoni, menyampaikan kabar baik mengenai perkembangan Bendungan Sepaku Semoi.

Raja yang juga Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) mengungkapkan, bahwa bendungan tersebut kini menjalani tahap pengolahan untuk menghasilkan air bersih yang siap dikonsumsi secara publik.

“Proses penyaringan dan pengolahan terus dilakukan secara intensif. Hasilnya, kualitas air yang dihasilkan Instalasi Pengolahan Air IPA bahkan diklaim lebih murni dibandingkan air kemasan,” jelas Raja.

Untuk memastikan keamanan dan kelayakan air bagi masyarakat, Wakil Kepala OIKN itu berencana melibatkan pihak ketiga dalam tahapan tersebut, yaitu PT Sucofindo, untuk melakukan uji kualitas air secara menyeluruh sebelum didistribusikan.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, tidak hanya fokus pada penyediaan air bersih, namun juga memperhatikan aspek lingkungan sekitar.

Dengan kapasitas tampung mencapai 16 juta meter kubik dan luas genangan mencapai 322 hektare, bendungan ini dibangun dengan biaya sebesar Rp836 miliar.

Keberadaan bendungan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi sekitar 1,5 juta jiwa, termasuk masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan bendungan. (May/Bp2)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.