Mustaqim: Potensi Padi di PPU Sangat Menjanjikan

BERITAPENAJAM.Net – Hasil pertanian padi di kabupaten PPU bukan hanya berasal dari Kecamatan Babulu. Beberapa wilayah di kabupaten PPU juga memiliki hasil pertanian padi yang menjanjikan. Salah satunya adalah pertanian padi yang berada di wilayah Kecamatan Penajam. Tampak Wakil Bupati PPU, H. Mustaqim MZ hadir dalam kegiatan panen raya yang dilakukan oleh kelompok tani Sinar Laut di Kelurahan Pajala, Kecamatan Penajam, Selasa, (22/8) kemarin.

“Alhamdulillah tahun ini karena curah hujan yang tercukupi kita telah memasuki panen kedua dan menjelang untuk tanam yang ketiga. Ini luar biasa sekali karena biasanya kita hanya mampu tanam sekali dalam setahun tetapi tahun ini mampu melakukan tanam hingga tiga kali dalam setahun pastilah hasil pertanian kita besar,“ kata Mustaqim MZ disela-sela kegiatan panen raya ini.

Mustaqim mengatakan, potensi pertanian di kelurahan Pajala tersebut sangat menjanjikan. Dengan kata lain lahan pertanian yang ada disana tidak kalah dengan pertanian yang ada di kecamatan Babulu yang memang menjadi sentra pangan di PPU. Hanya saja menurutnya, luasan lahan pertanian di kelurahan ini tidak seluas disana.

“Yang menarik juga pertanian di kelurahan Pajala ini langsung berbatasan dengan hamparan pantai tanjung jumlai. Bahkan sebagian profesi masyarakat disana juga terkadang sebagai petani dan dalam kesempatan lain menjadi seorang nelayan. Tapi mereka telah mampu mengelola lahan pertanian mereka disana dengan baik, “ucapnya.

Dikatakan dia, potensi pertanian di Kabupaten PPU memang masih sangat baik. Luasnya lahan pertanian dan kesuburan tanah yang dimiliki daerah ini menjadikan daya dukung bagi hasil pertanian yang melimpah. Kabupaten PPU pun merupakan swasembada pangan bagi daerah maupun Kaltim.

Hanya saja lanjut dia, persoalan irigasi pertanian masih kerap menjadi kendala utama bagi pertanian diwilayah PPU. Bahkan lanjut Mustaqim, luasnya pertanian yang ada diwilayah PPU ini, petani yang ada hingga kekuranggan tenaga kerja dilapangan untuk melakukan panen.

“Alat-alat pertanian yang digunakan untuk panen padi selama ini masih kurang mencukupi jika dibandingkan dengan luasan lahan pertanian yang ada di PPU. Oleh karena itu sebagian petani kita masih menggunakan jasa tenaga kerja dari luar untuk membantu melakukan kegiatan panen di lahan pertanian, “ kata Mustaqim.

Dalam kesempatan ini, sebelum melakukan panen perdana, Wakil Bupati PPU juga hadiri makan bersama para petani ditegah lahan pertanian mereka. Suasana kekeluargaan dan keakraban tampak terlihat dalam kegiatan ini.(Humas6/Ril)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Guna Efisiensi Kerja, Raup Muin Rampingkan Pengurus KONI

Sel Agu 22 , 2017
BERITAPENAJAM.Net – Hasil pertanian padi di kabupaten PPU bukan hanya berasal dari Kecamatan Babulu. Beberapa wilayah di kabupaten PPU juga memiliki hasil pertanian padi yang menjanjikan. Salah satunya adalah pertanian padi yang berada di wilayah Kecamatan Penajam. Tampak Wakil Bupati PPU, H. Mustaqim MZ hadir dalam kegiatan panen raya yang […]
%d blogger menyukai ini: