Mustaqim MZ Hadiri Rakornas Apkasi 2017

by -161 Views

Foto: Mustaqim MZ, menyempatkan diri menyaksikan pelaksanaan Otonomi Apkasi Expo International Trade Tourism and Investment yang digelar di JCC.

BERITAPENAJAM.Net – Wakil  Bupati Penajam  Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas ) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Otonomi Apkasi Expo International Trade Tourism and Investment di Jakarta, Rabu, (19/07/2017).

Usai pertemuan saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, Mustaqim MZ mengatakan melalui Rakernas Apkasi ini Presiden Joko widodo menekankan betapa pentingnya  daerah agar segera menyesuaikan perubahan yang terjadi di dunia serta terus melakukan inovasi dan kemudahan insvestasi agar tidak ditinggalkan insvestor.

Selain itu kata Mustaqim, Presiden juga meminta agar daerah fokus dalam menentukan program prioritas pembangunan, sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Sebap kata dia, tidak semua dapat dilaksanakan secara bersamaan, mengingat keterbatasan anggaran, sehingga kepala daerah diharapkan benar-benar menentukan fokus pembangunannya. Presiden juga  meminta agar bupati, Walikota, ataupun Gubernur harus bisa menghentikan pola berpikir konvensional dan tradisional yang tidak produktif agar mampu  berpikir inovatif.

“Itu makanya Presiden Joko Widodo dalam arahannya juga meminta agar kita para bupati, Walikota ataupun Gubernur diseluruh Indonesia harus bisa menghentikan pola berpikir konvensional dan tradisional yang tidak produktif agar mampu  berpikir inovatif, kreatif, dan entrepreneurship,“ kata Mustaqim.

Sementara itu disela-sela kunjungannya menuju pameran Apkasi Expo 2017, Mustaqim mengatakan kegiatan  Otonomi Apkasi Expo merupakan ajang yang sangat luar biasa untuk mempromosikan berbagai macam keunggulan ataupun potensi yang dimiliki oleh darerah.  Menurutnya, melalui expo yang digelar selama tiga hari itu, daerah dapat kesempatan istimewa untuk menyampaikan kemajuan daerahnya bahkan langsung disaksikan oleh Presiden.

“Ratusan Kabupaten/Kota ikut dalam pameran ini. Mereka menampilkan berbagai potensi yang ada di daerah masing-masing mulai dari sektor pertanian, perindustrian, pembangunan daerah, UMKM dan sebagainya semua ditampilkan disana. Kita sebagai daerah pengunjung tentunya juga dapat mencontoh dan mempelajari berbagai potensi mereka melalui  brosur-brosur yang dibagikan kepada pengunjung.” ucap Mustaqim.

Salah satu contoh kata Mustaqim, Kabupaten Bantul dalam pameran ini mampu menampilkan berbagai hasil pertanian mereka, yang merupakan produk pertanian berlebel ekspor. Mereka mampu mengembangkan berbagai tanaman pertanian dengan metode terbaiknya hingga mampu dipasarkan keluar negeri dengan harga yang jauh lebih tinggi.

“Harusnya prestasi-prestasi semacam ini dapat kita contoh dan pelajari untuk dikembangkan di daerah pertanian kita Kabupaten PPU,“ ujarnya.

Kata Mustaqim,  kegiatan yang  diikuti oleh Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, Pemerintah Provinsi, Kementerian, Lembaga Negara Non-menteri, Badan Usaha Milik Negara, Lembaga Donor, Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional, perdagangan luar negeri dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah  itu juga akan menggelar `workshop` peningkatan kapasitas terkait strategi peningkatan perdagangan dan investasi.

Semua topik yang terbawa dalam workshop akan didasarkan pada Kebutuhan daerah dan pengusaha. Dengan hadirnya ribuan pengunjung baik dari pengusaha dan investor lokal maupun luar negeri, Apkasi Otonomi Expo 2017 diharapkan menjadi sarana strategis bagi peserta untuk mendapatkan akses perdagangan dan investasi.

“Dengan pembicara yang memiliki kapasitas di bidangnya, workshop ini akan menjadi nilai tambah bagi peserta dan pengusaha yang terlibat dalam Apkasi Otonomi Expo 2017. Demikian juga pengusaha dapat mengakses dan memanfaatkan peluang bisnis di seluruh wilayah di Indonesia secara efektif dan efisien, termasuk ke daerah kita di Kabupaten PPU melalui serangkaian kegiatan yang dirancang di Apkasi Otonomi Expo 2017,” jelasnya.

Dalam pembukaan ini, Presiden tampak didampingi Menko Polhukam Wiranto dan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) sekaligus Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming. (Humas6/Nit).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.