Mustaqim Ajak Masyarakat Budayakan Gemar Membaca Buku

by -170 Views

BERITAPENAJAM.Net – Wakil Bupati Penajam Paser Utara H. Mustaqim, MZ, MM membuka kegiatan Bazar Buku dengan tema “Gerakan Penajam Paser Utara Membaca” di Gedung Bundar Aula Islamic Center, Senin (4/9). Kegiatan ini digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bekerjasama dengan Ar Riyadh Production, dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2017.

Bazar buku ini dilaksanakan selama 10 hari, dimulai sejak tanggal 04 hingga 14 September 2017. Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. PPU M. Ridwan Effendi memperkenalkan perpustakaan yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip ini, dimana perpustakaan ini berada di Gedung Bundar Islamic Center.

“Hal ini juga sudah di sosialisasikan di sekolah-sekolah sejak 3 bulan yang lalu”, terang Ridwan.

Ridwan menambahkan minat baca yang dimiliki oleh masyarakat di Indonesia sangat rendah yakni masuk dalam urutan ke 60 dari 61 negara.

“Oleh karena itu, dalam rangka memperingati hari kunjung perpustakaan ini diharapkan perpustakaan semakin digemari oleh seluruh lapisan masyarakat baik tua maupun muda”, ujarnya.

Ridwan menjelaskan, dalam Undang-undang Dasar 1945 dan UU Nomor  43 tahun 2007, perpustakaan adalah jembatan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, karena perpustakaan menjadi pelengkap pendidikan formal yang melayani seluruh lapisan masyarakat.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati PPU H. Mustaqim, MZ dalam sambutannya mengatakan menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. PPU dan diharapkan kegiatan ini dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk lebih meningkatkan minat membaca buku.

“Karena buku adalah jembatan untuk mencerdaskan,” ujar Mustaqim.

Mustaqim mengatakan minat baca yang dimiliki oleh masyarakat terutama masyarakat PPU masih sangat rendah. Kecanduan teknologi membuat banyak orang lebih nyaman berinteraksi dengan dunia maya dibanding kegiatan disekelilingnya, termasuk membaca. Interaksi dalam dunia maya seakan menjadi nyata, sebaliknya, interaksi dalam dunia nyata hanya angan belaka.

“Masalah minat membaca merupakan persoalan penting dalam pendidikan. Oleh karena itu pemerintah harus terus mencerdaskan kehidupan bangsa melalui budaya “Gemar membaca”. Indikator masyarakat berpendidikan adalah masyarakat yang memiliki kegemaran membaca tinggi. Dan, tugas kita bersama adalah membudayakan masyarakat Bumi Benuo Taka gemar membaca”, terang Mustaqim.

“Buku adalah jendela pengetahuan, semua buku adalah baik, tidak ada buku yang tidak baik. Dengan membaca buku, pengetahuan akan semakin bertambah. Semakin sering membaca buku, maka semakin lama akan semakin ketagihan. Jadikan hari ini sebagai momentum awal bagi kita untuk lebih mencintai buku”, tutup Mustaqim.(Humas05/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.