Momen Lebaran 2022 Berakhir, Kondisi Pelabuhan Kelotok Kembali Normal

BERITAPENAJAM – Momen cuti bersama yang cukup lama dalam rangka hari Raya Idul Fitri 1443 hijriah atau Lebaran tahun 2022 telah berakhir.

Aktivitas masyarakat khususnya warga Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) seperti pekerjaan, aktivitas perekonomian pun kembali berjalan normal seperti biasa sebagaimana sebelum libur lebaran.

Dengan berangsur normalnya aktivitas tersebut, membuat kondisi di sejumlah pelabuhan terlihat cukup lengang.

Seperti halnya yang terjadi di Pelabuhan Kelotok, Kecamatan Penajam pada Kamis (12/5/2022 sore, yang terpantau tidak sepadat beberapa hari lalu, terutama pada puncak arus balik.

Pada waktu arus mudik dan balik, Pelabuhan Kelotok sempat membludak beberapa hari menjelang berakhirnya cuti bersama lebaran yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Pengawas Pelabuhan Kelotok, Jamal menuturkan saat ini kondisi pelabuhan Kelotok kembali normal seperti semula.

“Sudah kembali normal, sangat berbeda pada saat beberapa hari sebelum lebaran dan arus balik, itu sampai 90 persen, kalau sekarang sudah 70 persen, sangat berbeda,” ujar Jamal kepada Beritapenajam.net.

Kondisi di pelabuhan Kelotok terlihat beberapa kapal yang melakukan bongkar muat baik dari penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi maupun penumpang pejalan kaki. Namun kondisi tersebut tidak menimbulkan kepadatan dan antrean oleh pengendara. (yan/bp1).