Menuju Kabupaten PPU Maju, Modern dan Religius (Bagian2)

Dekat Dengan Masyarakatnya

“Kami bangga memiliki seorang pemimpin yang dekat dengan masyarakatnya seperti  bapak AGM ini. Kepada siapapun beliau tidak sungkan untuk bergaul maupun menyapa, ” Anggi.

BERITAPENAJAM.Net- Figur seorang Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud atau AGM dilingkungan masyarakat Kabupaten PPU telah cukup dikenal. Walaupun bupati ke lima Kabupaten PPU ini belum genap dua bulan menjadi kepala daerah setelah dilantik pada 19 september 2018 lalu. Gaya kepemimpinan yang selalu dekat dengan masyarakat ini memberikan nilai plus dari kalangan masyarakat PPU.

Dari sejumlah kegiatan daerah yang dihadiri langsung oleh bupati PPU di lingkungan masyarakat, terlihat keberadaan pria 30 tahun itu tampak tanpa batas dalam berinteraksi ketika bersama masyarakat yang ada disana. Bahkan orang nomor satu di PPU ini tidak canggung jika diajak  berbincang-bincang  oleh warga setempat atau photo bersama dengan gaya yang beragam.

Pada  momentum Buen Festival pekan lalu misalnya. Kegiatan vestival tahunan  yang dibuka langsung oleh AGM ini meninggalkan momen-momen berharga bagi pemerintah daerah maupun masyarakat khususnya di Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru sebagai pelaksana kegiatan itu. Kedekatan seorang bupati PPU ini kepada masyarakatnya pada moment itu jelas terlihat. Banyak warga memanfaatkan momentum besar ini sebagai ajang silahturahmi khususnya kepada bupati PPU.

Dalam rangkaian kegiatan itu bahkan suami Hj. Risna ini menyempatkan berkunjung dari lapak-kelapak milik warga yang memanfaatkan keramaian tersebut untuk berdagang. Satu momen unik saat itu, bupati bahkan menyempatkan untuk membeli pentolan dari pedagang disana dan langsung menyantapnya. Momen lain juga tampak AGM sedang ngopi bersama warga. Yang jelas, banyak momen-momen kedekatan seorang kepala daerah ini dengan warganya di sana yang ter jepret oleh kamera Bagian Humas.

“ Jajanan pentolan ini juga  merupakan salah satu makanan faporit saya sejak kecil,”kata AGM saat itu.

Dalam rangkaian kegiatan Buen Vestival ini penulis juga menyempatkan minta tanggapan warga secara langsung tentang sosok AGM dimata mereka. Sejumlah warga yang ditemui menggungkapkan apresiasinya terhadap keakrapan seorang bupati PPU ini kepada warganya.

“Kami bangga memiliki seorang pemimpin yang dekat dengan masyarakatnya seperti bapak AGM ini. Kepada siapapun beliau tidak sungkan untuk bergaul bahkan  menyapa. Selain itu AGM juga memiliki wajah yang tampansih,” kata Anggi salah satu warga Kecamatan Waru ini dengan tersipu.

Perihal lain juga seperti diungkapkan oleh Samsul yang juga warga kecamatan Waru ini. Dirinya mengenal sosok AGM jauh sebelum bapak lima anak itu menjadi bupati PPU saat ini.

Dikatakan Samsul, sebelum menjabatsebagai bupati PPU saat ini, AGM memang memiliki latar belakang pengalaman yang luas serta sosok yang mudah bergaul dengan siapapun.  Kiprahnya di dunia organisasi sudah mulai ditekuninya sejak belia. Dari berbagai latar belakangnya tersebut kemudian tersisip niat tulus untuk membangun Kabupaten PPU.  Ia pun ingin melanjutkan pembangunan di Tanah Benuo Taka tersebut dengan menyatukan semangat bersama pemerintah dan masyarakat menuju PPU yang maju, modern dan religius sesuai visi yang ada saat ini.

Untuk diketahui, AGM yang lahir di Balikpapan pada 7 Desember 1987 ini merupakan bungsu dari pasangan Mas’ud dan Rawaidah. Menjadi bupati PPU  ini mengikuti jejak sang kakak, Rahmad Mas’ud yang telah terlebih dahulu terpilih menjadi Wakil Wali Kota Balikpapan.

AGM menjalani pendidikan di berbagai kota yakni  Balikpapan, SMA Pesantren Darunnajah, sebuah sekolah boarding di Ulujami, Jakarta Selatan serta mendapatkan gelar sarjana ekonomi di STIE Aprin Palembang, Sumatera Selatan. Kiprahnya di dunia organisasi sudah mulai ditekuninya sejak belia, Ia pernah mengikuti kursus/Diklat Diklatnas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Lemhanas Hipmi.

AGM juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum BPP Pusat HIPMI di Jakarta, Ketua Umum BPC HIPMI Kota Balikpapan, Bendahara Umum PMI Kota Balikpapan, Wakil Koordinator Tetap Kadin Indonesia Timur, Wakil Ketua Sumber Daya Alam dan Mineral BPP KKSS, Ketua Ikatan Alumni Lemhanas HIPMI.(***)

Oleh : Subur Priono

( Staf Humas Setkab PPU )

Random Posts

Leave a Reply