Menengok Lebih Dekat KEK Mandalika Untuk PPU

by -106 Views

Miliki Kesamaan Potensi Daerah, Daya tarik Bagi Pengunjung

BERITAPENAJAM.Net- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan  audensi dan pembelajaran langsung terkait pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)   di wilayah Mandalika Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Rombongan ini dipimpin oleh Kepala Perusda PPU Wahdiyat Algazali, diikuti juga Kepala Bagian Humas, Darmawan, Kepala Bagian Pembangunan, Nico Herlambang, Kepala PDAM PPU, Taufik dan sejumlah staf pendamping, Kamis, (9/11) beberapa hari lalu.

Dipilihnya Mandalika Provinsi NTB sebagai audensi dan pembelajaran bagi Kabupaten PPU, salah satunya karena daerah ini telah berhasil mengelola KEK pariwisata yang merupakan satu dari 10 Bali baru yang sudah ditetapkan pemerintah dan baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo. Potensi Mandalika juga memiliki banyak kesamaan apa yang ada di  kabupaten PPU.

Rencananya Kawasan Industri  Buluminung (KIB) milik Pemerintah Kabupaten   PPU yang juga telah diresmikan Presiden Joko Widodo tahun 2015 lalu, kedepan ditata bukan hanya sebagai kawasan industri, namun akan dijadikan sebagai KEK   seperti yang telah dibangun Mandalika Lombok Provinsi Tengah NTB tersebut.Khususnya pada sektor pariwisata yang ada sidalamnya.

Berbagai pembangunan kini ada di KIB PPU diantaranya Rel Kereta Api Borneo beserta pabrik dan pelabuhannya, Pusat Penelitian Maritim BPPT, Smelter Nikel, Pabrik Ethanol, Pabrik PT Agra Bareksa lndonesia, Supply Base EastKal, Pelabuhan Benuo Taka, Pelabuhan CPO PT Astra dan sebagainya. Kedepan bukan hanya sebagai pusat kawasan industri andalan daerah, namun rencananya kawasan ini akan dijadikan sebagai KEK termasuk kawasan pariwisata andalan di tanah benuo taka.

“KIB ini dicanangkan bersinergi dengan Kawasan lndustri Kariangau (KIK) di Balikpapan yang secara regional dapat ditetapkan sebagai KEK. Untuk mewujudkan hal tersebut itulah pemerintah Kabupaten PPU bersama jajaran terkait melakukan audiensi dan pembelajaran lapangan ke KEK Mandalika Provinsi NTB ini,” kata Kepala bagian Humas Setkap PPU, Darmawan.

Darmawan mengatakan kawasan KIB seluas 5.600 Ha ini memiliki berbagai potensi wisata yang sangat menarik untuk dikembangkan di Kabupaten PPU. Salah satu yang menjadi destinasi utama bagi wisatawan selama ini adalah keaslihan hutan manggrove dan terumbu karang lautnya yang masih terjaga dikawasan ini.

“Semua itu jika dikelola dengan baik pastilah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal, nasional  maupun mancanegara untuk datang berkunjung ke PPU,”tambahnya.

Sementara itu lanjutnya, Mandalika adalah salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau tempat perlindungan alam di Indonesia.  Dengan total area 1.250 ha, Mandalika menawarkan keindahan alam, panorama pantai yang begitu eksotik. KEK Mandalika ini dikembangkan oleh PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC), perusahaan BUMN yang bergerak disektor pariwisata, dan ditargetkan menerima kunjungan wisatawan asing sebesar 20 juta pada 2019 nanti.

Setiap pantai memiliki keunikan menawarkan keindahan berbeda dari yang lain. Selain pantai yang sangat panjang dan pasirnya sangat lembut. Pesona lain yang ada di kawasan Mandalika adalah perbukitan hijaunya yang bergelombang. Di kiri dan kanan dari kawasan ini memiliki padang rumput yang sangat indah dinikmati dari ketinggian. Pengunjung juga bisa menikmati permadani hijau yang memukau dan juga pantai yang ada di bawahnya.

“Kabupaten PPU juga memiliki berbagai potensi dan pesona alam yang begitu menarik jika dikembangkan. Salah satu pesona alam yang masih jarang dimiliki oleh daerah-daerah wisata di luar kalimantan adalah pesona hutan manggrove yang begitu luas dan terjaga. Jika ini dikembangkan menjadi objek wisata yang baik pastilah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal, nasional maupun manca negara,” terang Darmawan.

Dalam kesempatan itu, rombongan asal Kabupaten PPU diterima langsung oleh jajaran pemerintah Kabupaten Lombok Tengah NTB dan jajaran PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC). Kegiatan ini diisi dengan audiensi yang dirangkai dengan peninjauan kelapangan. (Humas6)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.