Masyarakat Hibahkan Tanah, UPT PU Siap Eksekusi

by -154 Views

Bupati Tinjau Pembangunan Jalan Nelayan di Kelurahan Nenang

BERITAPENAJAM.Net- Kegiatan UPT-PU Kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) selalu dimonitor Bupati PPU, Yusran Aspar. Dalam satu kesempatan, orang nomor satu di PPU ini selalu meninjau kegiatan UPT PU Kecamatan hingga ke Desa- Desa yang ada.

“Semua Desa di Kabupaten PPU bisa memanfaatkan UPT PU Kecamatan yang ada untuk membangun  wilayahnya,” kata Yusran Aspar saat meninjau pengerjaan pembangunan jalan pelabuhan nelayan di Kelurahan Nenang yang sedang dikejakan melalui UPT PU Kecamatan penajam,  belum lama ini.

Disela-sela ini Yusran Aspar mengatakan tidak bisa dibayangkan jika setiap pengerjaan jalan masyarakat yang ada seperti itu harus dikejakan melalui tangan pihak kedua atau proyek diluar UPT PU Kecamatan. Dia memastikan anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit dan proses pengajuan hingga sampai pada tahap pengerjaanpun dipastikan sangat panjang.

“Kita harus bersyukur miliki UPT PU Kecamatan yang ada sebagai inovasi daerah satu-satunya di Indonesia ini. Satu contoh,  Jika keingginan masyarakat membangun sebuah jalan, silahkan hibahkan tanah, kemudian usulkan kepada UPT Kecamatan. Selanjutnya kecamatan akan melakukan survei ke lapangan untuk memulai pekerjaan. Sangat mudah tentunya,” kata Yusran Aspar.

Dia mengatakan, inovasi melalui UPT PU bukan saja memperoleh apresiasi di daerah Kabupaten PPU, inovasi ini bahkan kini telah menjadi Rool model bagi daerah-daerah di Indonesia. Sejak beberapa tahun terakhir, sejumlah daerah bahkan datang jauh-jauh ke Kabupaten PPU hanya untuk belajar tentang UPT PU Kecamatan di Kabupaten PPU.

“Beberapa hari lalu Kabupaten kita kedatangan rombongan Bupati Kabupaten Siak Provinsi Riau. Mereka jauh-jauh ke PPU hanya ingin mempelajari UPT PU yang kita miliki. Mereka mengatakan sangat kagum dengan program UPT PU dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini,” kata Yusran.

Kata Yusran Aspar, UPT PU Kecamatan juga tidak terfokus pada kegiatan pembangunan jalan. Berbagai kegiatan lainnyapun dilingkungan masyarakat seperti jalan tani, irigasi pertanian, tangul, jembatan dan sebagainya telah dikerjakan.

“Silahkan sampaikan usulan masyarakat jika memerlukan bantuan UPT PU Kecamatan,” pungkasnya. (Humas6/nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.