Sab. Jul 20th, 2019

BERITA PENAJAM

Berita terkini benuo taka

Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Pergi ke Laut

5 min read

BERITAPENAJAM.NET-, Sejak zaman kuno, manusia sudah mengetahui bahwa air merupakan salah satu media yang bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk terapi berbagai macam penyakit. Mungkin, salah satunya Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Pergi ke Laut adalah  untuk menenangkan pikiran. Mandi adalah bagian penting dari kehidupan yang bisa membuat kita merasa lebih rileks dan tenang. Dalam khasanah pengobatan India kuno dan pengobatan tradisional China, unsur air sangat penting peranannya dalam menyeimbangkan tubuh dan menciptakan harmoni secara fisik. Ketika kita berbicara tentang air, kita hampir tidak akan pernah melewatkan laut. Karena di sanalah air bermuara.

Dewasa ini, banyak orang mencari sumber-sumber air untuk menemukan ketenangan dan kebahagiaan. Banyak di antara kita yang menghabiskan waktu liburan ke danau atau ke pantai. Di pantai misalnya, kita bisa melakukan banyak kegiatan menarik mulai dari surfing, scuba diving, berlayar, berenang, hingga duduk termenung mendengar debur ombak.

Laut banyak dipilih sebagai tujuan liburan karena memiliki warna biru yang identik dengan ketenangan yang dapat membuat pikiran menjadi rilex. Warna biru adalah warna favorit banyak orang di seluruh dunia. Menurut riset, orang cenderung mengasosiasikan warna biru dengan: kualitas, ketenangan, kedamaian, keterbukaan, dan bijaksana.

Seorang ahli biologi laut bernama Wallace J. Nichols percaya bahwa kita semua memiliki “blue mind,” yaitu sebuah kondisi yang tenang, damai, bahagia, dan puas. Kondisi tersebut bisa dipicu, salah satunya apabila kita berada dekat dengan air.

Masih menurut Nicholas, otak kita didesain untuk bereaksi positif terhadap air, sehingga, dekat dengan air atau mendengar suara air bisa mendatangkan ketenangan, meningkatkan inovasi, wawasan, dan menyehatkan.

Melihat laut atau pergi ke pinggir pantai secara khusus bisa memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan dan untuk kecantikan. Pergi ke pantai bisa membuat kita bebas jerawat, punya kulit yang halus, bebas ketombe, pikiran yang tenang, dan lain-lain.

Manfaat kesehatan dan kecantikan pergi ke laut

Air laut bisa membantu mengatasi jerawat

Menurut penelitian, air laut (air garam) bisa menjadi obat alternatif untuk mengatasi jerawat dan bekas luka (semi-permanen). Karena di dalam air laut terkandung sifat penyembuhan dan pembersih yang sangat baik. Bagaimana cara kerjanya?

Air garam sebenarnya sudah digunakan sebagai pembersih sejak ribuan tahun yang lalu. Air garam bisa membantu menyingkirkan racun dari kulit dan sering juga dimanfaatkan untuk mengobati luka gores. Itulah mengapa kita sering direkomendasikan untuk berkumur menggunakan air garam. Garam juga bermanfaat untuk mengeringkan nanah pada luka. Walaupun terasa sangat perih ketika luka terkena garam, namun efek yang diberikan setelahnya sangat luar biasa.

Laut adalah tempat yang udaranya paling bersih

Saat kita pergi ke pantai, kita akan mendengar debur ombak dan gulungan gelombang, di samping lautan biru, langit cerah, serta angin sepoi-sepoi yang menyejukkan. Selama hampir 200 tahun, orang berbondong-bondong pergi ke laut untuk mandi dalam rangka mengobati berbagai kondisi medis seperti, fibrosis paru hingga penyakit paru obstruktif kronik.

Karena banyak yang percaya, menghirup udara dari laut bisa membantu kita mengatasi berbagai masalah pernapasan. Menurut Dr Thomas W. Ferkol, presiden American Thoracic Society, ia mengatakan bahwa, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa udara dari laut bisa membersihkan paru-paru.

Dalam studi lain ditemukan bahwa udara dari laut bisa membantu pasien sembuh dari penyakit paru-paru. Dari sejumlah penelitian pada pasien pengidap penyakit paru-paru yang sering menghirup udara laut ditemukan bahwa:

  • Mereka mengalami penurunan jumlah lendir
  • Fungsi paru-paru meningkat
  • Batuk batuk berkurang
  • Dan, tekanan sinus menurut

Melihat berbagai manfaat tersebut, rasanya wajar apabila laut adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kamu datangi untuk menenangkan diri dan untuk meningkatkan kesehatan.

Berenang di laut bisa meningkatkan kesehatan

Kurang lengkap rasanya apabila pergi ke pantai dan tidak berenang. Tidak hanya memberikan kesenangan, ternyata berenang di pantai atau di laut bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berenang di pantai bisa membuat kita lebih fit. Karena ketika berenang, kita akan menggunakan otot-otot bahu, perut, hingga kaki. Itulah sebabnya mengapa berenang sangat direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk menjaga kebugaran.

Baca juga: 7 Tips Rahasia Tubuh Langsing

Begitu banyaknya manfaat pergi ke laut untuk kecantikan dan kesehatan diantaranya, ketika kita hanya berlari-lari di pinggir pantai yang becek dan basah, kalori yang kita bakar ternyata jauh lebih banyak dibandingkan dengan berlari di jalan yang mulus. Menurut penelitian, berlari di atas air bisa membakar hingga 590 kalori per jam, itu jika beratmu kurang dari 59 kg. Kalau bobot badanmu lebih berat dari 59 kg, maka jumlah kalori yang bisa kamu bakar akan jauh lebih banyak.

Pasir pantai bisa dimanfaatkan sebagai exfoliant alami

Pernah nggak kamu memperhatikan ketika kamu pergi ke pantai dan jalan-jalan tanpa alas kaki di atas pasir, kemudian setelah meninggalkan pantai, telapak kakimu terasa benar-benar lembut dan halus? Hal itu bisa terjadi karena, setelah berjalan selama berjam-jam di atas pasir tanpa alas kaki, butir-butir pasir yang halus membantu mengelupas sel-sel kulit mati sehingga kulit pun terasa lebih lembut dan halus.

Namun tentu saja, tidak ada anjuran untuk menggunakan pasir untuk exfoliant di kulit wajah karena sudah pasti terlalu keras dan tajam. Namun untuk kaki, lengan, atau tubuh, memanfaatkan pasir pantai yang lembut sebagai exfoliant alami akan sangat baik. Karena kemampuan pasir dalam membantu mengelupas sel-sel kulit yang sudah tua dan mati. Sehingga, kulit pun akan jadi lebih halus dan lembut serta sehat. Jadi, saat pergi ke pantai, jangan ragu-ragu untuk mandi dan berenang sambil main main pasir ya…

Mengubur diri di pasir bisa membantu meningkatkan sirkulasi dan metabolisme tubuh

Salah satu kegiatan menyenangkan yang juga termasuk dalam manfaat pergi ke laut untuk kesehatan dan kecantikan dan yang sering kita lakukan pada saat pergi ke pantai adalah mengubur tubuh di dalam lautan pasir. Kegiatan menyenangkan ini ternyata tidak hanya bisa memberikan kita kebahagiaan, melainkan juga sangat bermanfaat untuk keseluruhan tubuh.

Menurut penelitian, mengubur diri di pasir pantai bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara memicu peningkatan sirkulasi darah dan metabolisme. Dengan adanya tumpukan pasir di atas tubuh, berat extra tersebut akan membuat tubuh kita bekerja lebih keras. Hal ini sangat mirip dengan efek ketika kita melakukan olahraga angkat beban. Semakin keras tubuh kita bekerja, maka denyut jantung akan semakin cepat dan hasilnya pun akan semakin baik.

Sinar matahari adalah sumber kesehatan

Pantai adalah tempat dimana kita bisa menikmati sinar matahari yang melimpah. Terutama apabila dilakukan di pagi hari di bawah jam 10.00. Vitamin D yang didapatkan tubuh kita dari sinar matahari bisa membantu menghaluskan kulit, menyehatkan kulit, mengatasi resiko terkena serangan jantung, membantu mengatasi osteoporosis, depresi, membantu mengurangi jerawat pada wajah, membantu mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2, hingga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit kanker.

Namun ingat, jika kamu pergi ke pantai di siang hari, di saat cuaca sangat terik, kamu perlu melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya. Karena sinar ultraviolet dari matahari bisa sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kanker kulit. Oh ya.. tonton juga video ini ya.. persiapan pergi ke pantai agar kulit juga tetap terlindungi dengan baik.

Hmmm.. pastikan anda juga tetap terlihat cantik saat datang kepantai dengan pilihan blouse cantik yang bisa anda beli dengan harga terjangkau.

https://www.cantikmenawan.com/blogs/tips/pergi-ke-laut-untuk-menenangkan-pikiramu

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.